5 Manfaat Chia Seed yang Penting untuk Tubuh

Manfaat chia seed
Chia seed atau biji chia. (unsplash.com)
0 Komentar

2. Menjaga kesehatan tulang

Chia seed yang kaya akan kandungan yang baik untuk tubuh seperti kandungan fosfor, kalsium, protein, hingga magnesium yang terdapat pada chia seed diketahui bermanfaat dalam memelihara kesehatan pada tulang.

Mengonsumsi chia seed sesuai takaran bisa menjadi salah satu Langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan tulang sejak dini guna mencegah terkena penyakit osteoporosis.

Meski begitu chia seed juga mengandung kansungan asam fitat yang mampu memengaruhi penyerapan gizi pada tubuh termasuk kalsium. Sehingga Anda juga harus mempertimbangkan hal tersebut.

Baca Juga:Wanita Cenderung Lebih Menyukai Pria Humoris? Ini 6 FaktanyaKenali Gejala Post Concert Depression, Rasa Galau setelah Nonton Konser

3. Mampu menangkal radikal bebas

Chia seed kaya akan antiosidan seperti kandungan asam klorogenat, kaempferol, serta kuersetin yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga perlu diketahui bahwa radikal bebas berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

4. Bagus dikonsumsi untuk penderita Divertikulosis

Dilansir dari astronauts.id, kandungan serat yang cukup tinggi pada chia seeds ternyata memiliki segudang manfaat. Tak hanya bagus untuk sistem pencernaan tetapi juga dapat mengatasi gangguan divertikulitis.

Dengan mengonsumsi chia seed, hal ini dipercaya untuk membantu tubuh supaya mampu melancarkan kerja pada usus dalam proses pencernaan dan mampu mengatasi masalah sembelit.

Selain itu, chia seed juga terbukti mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah. Kandungan omega 3 pada chia seed yang sangat tinggi juga dihubungkan dengan penurunan risiko terserang stroke.

5. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Dilansir dari hellosehat.com, mengutip dari sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Plant Foods for Human Nutrition pada tahun 2014 menyatakan bahwa chia seed memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga, hal ini lebih efektif bagi orang yang mengalami tekanan darah yang tinggi.

Kandungan serat, protein, dan asam lemak omega-3 pada chia seed terbukti memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung, sehingga dengan mengonsumsi chia seed terbukti mampu menurunkan risiko mengalami penyakit tertentu.

Selain itu chia seed juga mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, mengatasi peradangan, resistensi insulin, serta mengurangi lemak pada perut. (*)

0 Komentar