5 Tips Atasi Kurang Tidur Saat Puasa

Atasi kurang tidur
Ilustrasi sedang tidur. (Foto/Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Bulan puasa Ramadan membuat ada perubahan waktu tidur. Banyak yang merasa mengantuk ketika sedang beraktivitas atau bekerja. Berikut ini kami kasih tips atasi kurang tidur saat puasa.

Dilansir dari alodokter.com inilah tips atasi kurang tidur saat puasa.

Memperhatikan asupan makanan

Tips atasi kurang tidur saat puasa yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan makanan, karena asupan makanan juga memengaruhi kualitas tidurmu, lho.

Baca Juga:5 Tips Cegah Dehidrasi saat Puasa5 Tips Ajari Anak Puasa di Bulan Ramadan

Usahakan konsumsi makanan yang tidak terlalu pedas, terlalu banyak mengandung minyak, tinggi kalori, dan tentunya tidak terlalu memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sebab, beberapa kategori makanan yang sudah disebutkan di atas dapat memicu sistem pencernaan bekerja lebih ekstra dalam mengelolanya dan akhirnya berisiko membuat tidurmu kurang nyenyak.

Tidur lebih awal

Ketika puasa, kamu pasti akan bangun lebih pagi dikarenakan harus makan sahur terlebih dahulu agar bisa menjalani aktivitas di esok hari. Untuk menyiasati agar tidak kekurangan waktu tidur adalah dengan cara tidur lebih awal, tujuannya agar kamu tidak merasa kekurangan jam tidur.

Lalu bagaimana caranya? Ketika kamu sudah selesai dengan semua aktivitasmu, setelah melakukan salat tarawih, dilanjut tadarrus Al-Qur’an, kamu bisa langsung tidur, agar ketika sahur kamu tidak merasa mengantuk.

Kurangi konsumsi kafein

Minuman yang mengandung kafein dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur, hal ini bisa membuat jam tidurmu berantakan dan tidak teratur.

Oleh karena itu jika kamu ingin mengatasi kurang tidur saat puasa mulai sekarang berhenti konsumsi kafein, ya. Tak hanya itu kafein juga dapat menghambat produksi hormon yang mengatur untuk tidur.

Tidur siang

Jika memiliki waktu luang di sela-sela aktivitasmu dan tidak ada kegiatan lain, kamu bisa menggunakan waktu itu untuk tidur siang. Ini bertujuan untuk mengatasi kurang tidur dimalam hari, sehingga ketika sahur tubuh menjadi lebih segar dan tentunya lebih bersemangat lagi untuk beraktivitas di esok hari.

Baca Juga:6 Tips Semangat Bekerja di Saat Puasa9 Tips agar Nafas Tidak Bau selama Puasa

Olahraga

Ketika berpuasa kamu perlu memperhatikan olahraga apa yang pas dan tidak terlalu banyak menguras energi, sebab jika kamu melakukan olahraga berat justru akan memicu rasa haus dan lebih cepat terkena dehidrasi.

0 Komentar