Apakah Motor Keyless Masih Bisa Dicuri? Begini Faktanya!

motor keyless masih bisa dicuri
Tetap waspada, karena motor keyless kamu masih bisa dicuri! (Gambar oleh Astra Honda Motor)
0 Komentar

Motor-motor generasi terdahulu dengan sistem keyless yang lebih sederhana akan lebih mudah unuk dibobol, misalnya Honda PCX 150. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan baypass pada motor ini mungkin sekitar 20 detik hingga aliran listrik pada motor bisa berfungsi.

Bahkan dalam keadaan setang terkunci, perangkat pada sistem keyless ini masih bisa diakali. Dan saat setang sudah bebas dan listrik mengalir, pencuri akan mendorong motor tanpa terdeteksi.

Untuk mencegah motor keyless dicuri, kamu bisa memarkirkan motor dengan setang menghadap ke kanan.

Gambar dari Astra Motor

Baca Juga:Kini Sudah Jadi Honda Vario 125 Smart Key, Generasi Baru Vario yang Tampil Lebih Modis dan Anti MalingSimple, Ini 6 Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Meski arahnya agak aneh, tapi dengan memarkirkan motor dengan kondisi setang menghadap kanan, pencuri akan kesulitan untuk mengakses kenob keyless dengan alat-alat yang mereka punya.

Cara lain untuk mencegah motor keyless dicuri adalah dengan tidak menaruh remot kontrol cadangan di jok motor. Kamu akan mempermudah pencurian jika remot itu berada di jok motor, karena pencuri bisa saja membobol kenob keyless untuk memeriksa jok terlebih dahulu.

Untuk mencegah motor keyless dicuri, kamu juga perlu waspada pada siapa kamu meminjamkan motor keyless kamu. Karena kalau tidak, seseorang bisa saja meng-copy kode pin yang menghubungkan remot kontrol dengan perangkat keyless.

Jika kode itu bocor, pencuri tidak perlu alat elektronik lain lagi untuk membobol motor kamu. Mereka hanya perlu membuat remot palsu dengan kode yang sama kemudian membawa pergi motor kamu saat kamu lengah.

Tetap waspada di mana kamu memerkirkan motor kamu. Untuk menambah rasa aman pada motor, kamu bisa memasang gembok velg pada motor saat malam hari dan di tempat-tempat parkir yang menurut kamu rawan pencurian.

Semoga artikel ini bisa membantu! (*)

Referensi:

  1. Tetap Waspada, Motor Keyles Masih Bisa Dicuri – buka
  2. Motor dengan Sistem Keyless Apa Masih Bisa Dicuri Maling? – buka
0 Komentar