8 Jenis Makanan dan Minuman Pelancar Haid, Perempuan Wajib Tahu! 

makanan dan minuman pelancar haid
8 Jenis Makanan dan Minuman Pelancar Haid, Perempuan Wajib Tahu!  (Freepik.com)
0 Komentar

Ikan

Jenis makanan selanjutnya yang dapat membantu melancarkan haid yaitu ikan. Makanan satu ini dapat memenuhi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh. Beberapa jenis ikan yang dapat kamu konsumsi sepeti ikan teri, ikan salmon hingga ikan sarden.

Diketahui ikan dapat membantu fungsi hormon maupun proses pelepasan sel telur pada tubuh perempuan. Selain itu, juga dapat memenuhi dan melengkapi kebutuhan asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh wanita yang tengah haid.

Buah Pepaya

Makanan dan minuman pelancar haid berikutnya adalah buah pepaya. Buah satu ini sangat efektif dalam mengatasi masalah haid mu. Sebab, terdapat kandungan karoten yang mampu meningkatkan kadar hormon estrogen pada tubuh seseorang. 

Baca Juga:Ternyata, Ini Cara Menghitung Hari Haid yang Benar dan Tepat Beserta 3 Fasenya untuk Perempuan5 Cara Menghentikan Darah Haid Sementara yang Mudah Dilakukan

Selain itu, membantu rahim untuk melakukan kontraksi yang mendorong siklus haid menjadi lebih lancar. Pepaya juga kaya akan kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tentunya, buah ini memiliki manfaat yang banyak bagi wanita yang sedang haid maupun tidak.

Jahe

Selain membantu tubuh menjadi hangat, jahe dapat menjadi makanan dan minuman pelancar haid selanjutnya. Kandungan jahe dianggap efektif dapat  menangkan hingga mengurangi nyeri haid. 

Bagi kamu yang ingin menggunakan jahe sebagai minuman pelancar haid. Kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk teh maupun jamu. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya 1-2 gelas per hari. Sebab, jika berlebihan justru akan mengakibatkan berbagai gangguan pencernaan seperti diare, mual hingga muntah.

Buah Nanas

Siapa yang menyangka, buah nanas menjadi salah satu makanan dan minuman pelancar haid berikutnya. Buah satu ini memiliki kandungan enzim bromelain yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah serta mendorong terjadinya peluruhan dinding uterus yang menimbulkan menstruasi. 

Namun, bagi kamu yang memiliki alergi terhadap buah nanas. Alangkah lebih baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sehingga, makanan maupun minuman yang dikonsumsi tetap aman an melancarkan haid.

Sayuran Hijau

Bagi kamu pecinta sayuran hijau, makanan ini sangat tepat untuk mu dalam melancarkan haid. Kandungan folat pada sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hingga brokoli mampu mendukung proses ovulasi. Proses satu ini merupakan fase penting dalam menstruasi. 

0 Komentar