4 Penjelasan Efek Utama Dukungan Sosial, Alasan Mengapa Bisa Reduksi Stres

Efek utama dukungan sosial
Efek utama dukungan sosial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Dukungan sosial telah dipelajari secara luas sebagai faktor yang meminimalkan efek stres, dan hasilnya agak mengejutkan. Efek utama dukungan sosial tidak hanya membantu orang merasa kurang stres, tetapi juga dapat benar-benar meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kematian mereka.

Dasar Dukungan Sosial

Kita semua memiliki ide dasar yang bagus tentang apa artinya memiliki dukungan dalam kehidupan seseorang, tetapi ketika mendiskusikan penelitian, akan membantu untuk lebih tepat.

Dukungan sosial, ketika dipelajari oleh psikolog, sering didefinisikan sebagai “tindakan yang mengomunikasikan kepedulian; yang memvalidasi kata-kata, perasaan, atau tindakan orang lain; atau yang memfasilitasi penyesuaian adaptif terhadap masalah melalui penyediaan informasi, bantuan, atau sumber daya yang nyata”.

Baca Juga:Hadapi Situasi Kewalahan Finansial? Yuk, Ambil Langkah Menjauh dengan 5 Cara Ini4 Langkah Membuat Jurnal Rasa Syukur, Bantu Kamu Lepaskan Stres

Ada beberapa jenis yang semuanya bermanfaat dengan efek utama dukungan dari masing-masing jenis tersebut.

Jenis Dukungan Sosial

Tidak semua jenis dan efek utama dukungan sosial sama. Berbagai bentuk dukungan membawa manfaat yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis utamanya.

Dukungan Emosional, mencakup penegasan nilai seseorang, perhatian tentang perasaan seseorang, dan berbagi hal positif. Ini sejalan dengan mendengarkan dan memvalidasi perasaan, memberi tahu orang lain bahwa mereka dihargai, dan menawarkan bahu untuk menangis.

Dukungan Informasi, melibatkan berbagi saran atau informasi yang dapat membantu seseorang yang mengalami stresor atau tantangan yang mereka tidak tahu bagaimana menanganinya, termasuk menawarkan saran yang mungkin bermanfaat bagi orang lain, mengarahkan orang ke pakar yang mungkin menawarkan saran, dan berbagi pengalaman.

Dukungan Nyata, termasuk berbagi sumber daya, baik material maupun finansial. Jelas, ini bisa termasuk memberikan pinjaman hadiah uang, tapi bisa juga melibatkan tawaran untuk berbagi tugas mengasuh anak, membantu teman pindahan, atau bahkan membawa casserole ke keluarga yang sedang berduka.

Belonging Social Support, melibatkan penyediaan waktu luang dan kepemilikan sosial. Ini berarti memasukkan teman-teman ke dalam kelompok, dan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang membutuhkan dukungan dan mungkin merasa sendirian.

0 Komentar