4 Penjelasan Efek Utama Dukungan Sosial, Alasan Mengapa Bisa Reduksi Stres

Efek utama dukungan sosial
Efek utama dukungan sosial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Efek Dukungan Sosial

  • Satu studi dari University of Utah meneliti efek utama dukungan sosial, terutama dalam tiga jenis yang berbeda di antara pasangan menikah dan menemukan bahwa dukungan emosional, nyata, dan informasi semuanya membantu menurunkan tekanan darah ketika individu dihadapkan dengan stresor jangka pendek.
  • Studi lain yang menganalisis 148 studi yang lebih kecil menunjukkan temuan definitif bahwa efek utama dukungan sosial sangat terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan. Dalam memeriksa hubungan antara dukungan sosial dan kematian, penelitian menemukan kemungkinan peningkatan bertahan hidup yang mengejutkan sebesar 50% bagi peserta dengan hubungan yang lebih kuat. Temuan tentang efek utama dukungan sosial ini tetap konsisten di seluruh usia, jenis kelamin, status kesehatan awal, penyebab kematian, dan periode tindak lanjut.
  • Penelitian telah mendokumentasikan banyak manfaat kesehatan fisiologis dan mental dari efek utama dukungan sosial, termasuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh, kardiovaskular, dan neuroendokrin; penyesuaian positif terhadap penyakit kronis; penurunan depresi dan kecemasan; dan penyangga yang efektif melawan efek negatif dari stres.
  • Sedihnya, banyak orang lebih terisolasi secara sosial daripada yang mereka inginkan, meskipun mungkin memiliki koneksi ke kenalan melalui media sosial. Para peneliti mengukur kedekatan hubungan dengan cara yang berbeda, tetapi banyak dari ukuran ini menunjukkan “kemiskinan sosial” atau kurangnya dukungan secara sosial. Ada kemungkinan untuk memiliki banyak kenalan tetapi masih merasa kesepian, dan banyak orang melakukannya. Jika kamu merasa kekurangan hubungan sosial dengan orang lain, kamu tidak sendiri.

Dukungan Sosial untuk Menghilangkan Stres

Efek utama dukungan sosial ini bisa sangat bagus untuk tingkat stres, membuat situasi stres tidak terlalu merusak kesehatan mental dan fisik. Dukungan ini membutuhkan lingkaran teman yang suportif yang mungkin membutuhkan sedikit usaha, tetapi itu sangat berharga dalam hal manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraanmu secara umum.

Oleh karena itu, menciptakan hubungan yang kuat dalam hidupmu sangat penting bagi dirimu dan orang yang kamu cintai. Kamu juga dapat menemukan beberapa cara untuk memupuk dukungan sosial sebagai pereda stres.

0 Komentar