Berapa Lama Baterai Keyless Bisa Bertahan? Perpanjang Usia Pakainya dengan Cara Berikut

berapa lama baterai keyless bisa bertahan
Remote keyless tidak bisa dipakai selamanya, baterai dalam remote bisa kapan saja habis. (Gambar ©Astra Honda Motor)
0 Komentar

Untuk tetap mengirit baterai keyless kamu disarankan untuk mematikan daya setelah selesai berkendara atau saat tidak menggunakan sepeda motor. Hal ini karena saat kondisi remote dalam kondisi power on, listrik dalam perangkat remote akan tetap mngealir, dan hal ini jelas akan mengurangi daya baterai.

Kondisi remote yang selalu power on juga membuat sensor pada remote selalu mencarkan sinyal dan berusaha mencari keberadaan frekuensi dari kenob motor. Hal ini menyebabkan baterai keyless hanya bisa bertahan sampai 8 bulan paling lama.

Jadi jangan lupa untuk power off remote kontrol keyless kamu saat motor sedang tidak digunakan. Selain untuk mempertahankan daya baterai, kondisi remote yang power off juga meningkatkan level kemanan pada kendaraan.

Baca Juga:Daftar DP Kredit Motor Scoopy Pekalongan Terbaru 2023, Bisa Dicicil 47 BulanApakah Motor Keyless Masih Bisa Dicuri? Begini Faktanya!

Mengapa? Karena sensor pada kenob motor akan terus mencari sinyal dari gelombang yang dipancarkan remote, yang ana jika remote dalam kondisi menyala perangkat keyless ECU pada motor bisa saja terkoneksi.

Meski sistem sudah membatasi jarak operasi remote sejauh 1-2 meter, tapi kita tidak pernah tahu kapan perangkat sistem keyless bisa tiba-tiba terkonek dengan remote. Jika hal ini terjadi, motor kamu bisa saja kena bobol dan dibawa kabur.

Terlebih pada generasi-generasi keyless lama seperti yang tertanam pada Honda PCX yang sistemnya masih lumayan sederhana. Dengan perangkat rakitan yang dibuat sendiri, pencuri bisa membobol perangkat ECU hanya dalam 10-20 detik hingga akhirnya aliran listrik pada motor mengalir.

Untuk membedakan apakah power pada remote keyless sedang menyala atau mati, kamu bisa lihat pada lampu indikator. Tiap merek dan produk memiliki letak lampu indikator yang berbeda. Yang menyamakan hanya warna pada lampu indikator.

Warna merah menandakan bahwa remote keyless sedang dalam posisi power off, dan jika lampu indikator menyala hijau artinya kondisi remote sedang power on. Supaya baterai keyless kamu bisa bertahan hingga 2 tahun sebaiknya matikan power remote kamu.

0 Komentar