412 PPKS di Kabupaten Pekalongan Terima ATENSI dari Kemensos, Kholidin Senang Sekali Dapat Mesin Jahit Baru

atensi dari kemensos
Sebanyak 412 PPKS di Kabupaten Pekalongan terima ATENSI dari Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN, Radarpekalongan.id – Sebanyak 412 PPKS di Kabupaten Pekalongan terima ATENSI dari Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung. Ada tiga kelompok penerima bantuan. Yakni kelompok pemenuhan hidup layak, kelompok bantuan disabilitas, dan kelompok kewirausahaan.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana, berikan bantuan untuk anak (Hadi Waluyo)

Program Asistensi Rehabilitasi Sosial atau ATENSI dari Kemensos ini terwujud atas kerjasama Kemensos melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung dengan Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan. Penyerahan bantuan ATENSI bagi 412 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Pekakongan dipusatkan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Kamis (30/3/2023) siang.

Baca Juga:Pelajar SMK Usia 17 Tahun Tewas Seruduk Truk Parkir, Jalanan Gelap Minim PJUPerang Sarung di Pantura Pekalongan, 5 Remaja Berhasil Diamankan Polsek Wiradesa

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana, mengatakan, bantuan ATENSI dari Kemensos tersebut meliputi bantuan pemenuhan hidup layak untuk 390 Penerima Manfaat (PM). Kelompok ini terdiri dari penyandang disabilitas, anak, lansia dan kelompok rentan.

Kemensos berikan bantuan untuk kelompok kewirausahaan (Hadi Waluyo)

“Di siang ini Kementerian Sosial bekerjasama dengan Pemkab Pekalongan yang diwakili Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan menyalurkan Asistensi Rehabilitasi Sosial atau ATENSI hasil asesmen tahun 2022 akhir kemarin yang pelaksanaan penyaluran bantuannya mulai kita laksanakan,” terang dia.

Tiga Kategori Penerima Atensi dari Kemensos

Menurutnya, ada tiga kategori penerima bantuan ATENSI dari Kemensos tersebut. Kategori pertama adalah pemenuhan kebutuhan dasar berbentuk sembako dan sebagainya. Dengan rincian, kelompok rentan ada 100 penerima manfaat (PM), disabilitas (100 PM), lansia (100 PM), dan anak ada 90 penerima manfaat. Sehingga jumlahnya ada 390 penerima manfaat untuk kelompok pemenuhan kebutuhan dasar.

“Selain itu, terdapat alat bantu dengar (ABD) yang juga bakal diserahkan langsung kepada 9 penerima manfaat. Bantuan kursi roda untuk 4 PM, bantuan tongkat penuntun adaptif (TPA) untuk 4 PM,” kata dia.

Kemensos berikan bantuan tongkat penuntun adaptif (Hadi Waluyo)

Pihaknya juga memberikan bantuan untuk kelompok kewirausahaan kepada 4 disabilitas dan 1 lansia. Bantuan ini untuk mendorong kemandirian mereka. “Untuk kewirausahaan itu ada lima orang, yakni pedagang sembako, penjual gas, 2 penjahit, dan pedagang tahu bakso,” terang dia.

0 Komentar