Eksistensi 5 Jenis Narsisme, Kamu Perlu Mengenalinya

Jenis narsisme dan bagaimana menanganinya
Jenis narsisme dan bagaimana menanganinya. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Salah satu perbedaan utama antara jenis narsisme terbuka dan terselubung adalah bagaimana hal itu memengaruhi harga diri dan kemanjuran diri.

Sebuah studi yang mengamati hasil yang dilaporkan sendiri dari mahasiswa sarjana menemukan bahwa narsisme terselubung ditemukan secara negatif memprediksi harga diri dan kemanjuran diri di luar harga diri. Akan tetapi, hasilnya juga menunjukkan bahwa narsisme terbuka secara positif memprediksi harga diri dan kemanjuran diri di luar harga diri.

Narsisme Komunal

Jenis narsisme terbuka adalah narsisme komunal. Narsisis komunal akan mengklaim memiliki kode moral yang kuat dengan keyakinan pada keadilan tetapi tidak akan berperilaku sesuai dengan keyakinan mereka.

Tanda-tanda lain termasuk narsisme komunal meliputi:

Baca Juga:Orang Kreatif Punya 6 Ciri Ini, Apakah Kamu Termasuk di Dalamnya?Mulai Mengembangkan Kreativitas dengan 10 Cara Ini, Berkenan Mencobanya?

  • Sensitivitas tinggi terhadap ketidakadilan
  • Menganggap diri mereka dermawan, pemberi, baik hati, hingga suci
  • Ekspresi kemarahan emosional dalam menanggapi keadaan yang tidak adil
  • Ekspresi nilai-nilai altruistik

Namun, tindakan mereka tidak akan sejalan dengan apa yang mereka katakan, yakini, atau pikirkan. Misalnya, kepedulian mereka terhadap orang lain tidak asli atau tulus. Niat mereka untuk mengungkapkan kemarahan moral didasarkan pada perolehan kekuatan sosial atau peningkatan kepentingan diri sendiri.

Mereka marah ketika orang lain diperlakukan tidak adil tetapi tidak akan memperlakukan orang lain dengan adil ketika mereka menghadapi situasi yang sama.

Narsisme Antagonis

Jenis narsisme terbuka yang lain adalah narsisme antagonis. Ini adalah sifat kepribadian yang kontras dengan narsisme komunal. Hal ini ditandai dengan tanda-tanda berikut:

Sangat kompetitif

  • Fokus ekstrem pada persaingan
  • Kecenderungan untuk tidak setuju dan berdebat
  • Mengambil keuntungan dari orang lain
  • Kesulitan atau kurangnya pengampunan pada orang lain5
  • Masalah mempercayai orang lain

Orang dengan narsisme terbuka bersifat sosial dan supel serta cenderung mudah berteman. Namun, seseorang dengan narsisme antagonis mungkin mengalami kesulitan mempertahankan hubungan sosial dengan orang lain karena sifat kepribadian dikaitkan dengan efek merugikan pada hubungan teman sebaya

Narsisme Ganas

Jenis narsisme yang paling parah adalah narsisme ganas. Beberapa peneliti kesehatan mental menganggap ini sebagai campuran narsisme dan gangguan kepribadian antisosial. Seseorang dengan narsisme ganas menunjukkan gejala NPD.

0 Komentar