Mulai Mengembangkan Kreativitas dengan 10 Cara Ini, Berkenan Mencobanya?

Ketahui cara ini, bantu kamu mengembangkan kreativitas
Ketahui cara ini, bantu kamu mengembangkan kreativitas. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kreativitas adalah kemampuan untuk memunculkan atau mengenali ide-ide untuk memecahkan masalah, berkomunikasi dengan orang lain, atau menghibur. Ini bukan kompetensi permanen dan semata dibawa sejak lahir, melainkan kamu bisa mengembangkan kreativitas dengan mengerahkan usahamu.

Kreativitas adalah tentang menemukan cara baru untuk memecahkan masalah dan mendekati situasi. Hal ini bukanlah keterampilan yang terbatas pada seniman, musisi, penulis, atau pemikir “berotak kanan”. Kreativitas adalah keterampilan yang berguna bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Jika kamu ingin mengembangkan kreativitasmu, tips dalam artikel ini dapat membantu.

Komitmenkan Dirimu pada Kreativitas

Langkah pertama untuk mengembangkan kreativitas adalah mengabdikan diri untuk mengembangkan kemampuan kreatifmu. Jangan tunda usaha. Mulai tetapkan tujuan, minta bantuan orang lain, dan sisihkan waktu setiap hari untuk mengembangkan keterampilanmu.

Baca Juga:Ada 4 Tipe Dukungan Sosial, Mana yang Paling Dibutuhkan Manusia?6 Upaya Pembentuk Dukungan Sosial, Kamu Butuh Ini!

Misalnya, jika kamu tertarik untuk melukis, jadwalkan waktu secara teratur untuk mempelajari dan melatih keterampilanmu.

Tingkatkan Kreativitas dengan Menjadi Ahli

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kreativitas adalah menjadi ahli di bidang ini. Dengan memiliki pemahaman yang kaya tentang topik tersebut, kamu akan lebih mampu memikirkan solusi baru atau inovatif untuk suatu masalah. Salah satu cara mengembangkan keahlian adalah dengan membaca tentang orang-orang kreatif dan mendengarkan mereka berbicara.

Hadiahi Keingintahuanmu

Salah satu hambatan umum untuk mengembangkan kreativitas adalah perasaan bahwa rasa ingin tahu adalah kesenangan. Daripada memarahi diri sendiri karena mengikuti lubang kelinci internet, hadiahi diri sendiri saat kamu ingin tahu tentang sesuatu. Beri dirimu kesempatan dan waktu untuk menjelajahi topik baru.

Menghargai diri sendiri itu penting, tetapi mengembangkan motivasi intrinsik juga penting. Kadang-kadang, penghargaan sebenarnya dari kreativitas adalah prosesnya sendiri, bukan produknya.

Ambil Risiko untuk Mengembangkan Kreativitas

Dalam hal membangun keterampilan kreatif, kamu harus bersedia mengambil risiko untuk memajukan kemampuan. Meskipun upayamu mungkin tidak selalu berhasil, kamu tetap akan meningkatkan bakat kreatif dan membangun keterampilan yang akan membantumu dengan baik di masa depan.

Misalnya, membagikan karyamu ke media sosial mungkin merupakan hal yang sangat menakutkan. Akan tetapi, kritik yang kamu terima dari orang-orang di sana dapat menjadi hal yang amat berharga.

0 Komentar