AMBYAR…!!! FIFA Resmi Batal Gelar Piala Dunia U-20 di Indonesia Gara-gara Tolak Tim Israel

Piala Dunia U-20 di Indonesia
Lobi Erick Tohir untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia foto by (Andhika Prasetia/Detik.com)
0 Komentar

“Ya penolakan terhadap Israel itu berdasarkan prinsip Bung Karno Bahwa tidak akan mengakui negara Israel sebelum memerdekan Palestina. Sampai sekarang prinsip itu dipegang oleh negara kita, termasuk oleh masyarakat luas,”kata Ketua DPP PDIP Hamka Haq dilansir dari CNN Indonesia.

Pernyataan Presiden Jokowi

Menanggapi berbagai penolakan terhadap keikutsertaan Tim Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia, Presiden Jokowi unjuk bicara. Melalui saluran resmi Youtube Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa keikutsertaan Tim Israel tidak akan mengubah sikap politik Indonesia mengecam penjajahan terhadap Palestina.

Presiden melalui pernyataannya menghimbau agar jangan mencampuradukkan politik dengan olahraga. Untuk kesuksesan Piala Dunia U-20 di Indonesia pihaknya telah mengutus Erick Tohir menghadap Presiden FIFA agar tetap bisa digelar.

Baca Juga:Inilah 6 Ulama yang Membaca Al-Qur’an dengan Baik dan Benar, Layak Dicontoh!Menggugah! Cerita Rasulullah Saw Setor Baca Al-Quran kepada Malaikat Jibril, Kita Layak Malu

Selain itu keikutsertaan timnas Israel melalui Pra-kualifikasi pertandingan yang dilalui sebelumnya. Timnas Israel dinyatakan lolos pada bulan Juli 2022. Menurut Presiden Jokowi, timnas Israel berhak ikut serta menjadi peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Namun karena kuatnya arus penolakan Timnas Israel berlaga di Stadion Indonesia, Presiden Jokowi memberi pernyataan bahwa tidak ada kaitannya antara sepakbola dan sikap politik. Suatu kekhawatiran dari sikap politik yang berubah melihat penjajahan Israel kepada Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negari kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita ke Palestina selalu kkoh dan kuat. Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sepakat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia, FIFA memiliki aturan yang harus ditaati oleh anggotanya,” demikian pernyataan Presiden Jokowi.

Namun keputusan FIFA melalui pernyataanya, sudah tidak akan mempersilakan lagi Indonesai jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ambyar sudah perhelatan Piala Dunia U-20 yang dinanti-nanti para pecinta sepakbola Indonesia.

Campur tangan politik tak bisa dielakkan lagi. Tak peduli itu perhelatan yang bergengsi di mata dunia. Pokoknya yang terpenting sekarang adalah bagaimana sikap konsistensi Indonesia tetap dilakukan dengan menolak timnas Israel meski tidak ada kaitannya sama sekali. (*)

0 Komentar