Temukan dan Perkuat Tujuan Hidup, Jangan Ragu Ikuti 5 Langkah Ini

Kamu perlu membentuk dan memperkuat tujuan hidup
Kamu perlu membentuk dan memperkuat tujuan hidup. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Menemukan tujuan hidup lebih dari sekadar hal-hal klise. Mempelajari cara menjalani hidup dengan tujuan dapat menghasilkan rasa kendali, kepuasan, dan kepuasan umum. Merasa bahwa yang kamu lakukan bermanfaat, bisa dibilang, merupakan kunci penting untuk hidup bahagia.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Applied Psychology menemukan bahwa individu dengan tingkat kesejahteraan eudemonik yang tinggi—rasa memiliki tujuan dan kontrol kendali serta perasaan seperti apa yang kamu lakukan bermanfaat—cenderung hidup lebih lama.

Peneliti lain menemukan bahwa kesejahteraan menjadi pelindung untuk pemeliharaan kesehatan. Dalam penelitian itu, orang-orang dengan kesejahteraan terkuat memiliki kemungkinan 30% lebih kecil untuk meninggal selama periode tindak lanjut delapan setengah tahun.

Baca Juga:Tidak Lagi Khawatir Berlebihan, 6 Strategi Ini Mengubahmu Menjadi Lebih TenangTerasa Menakutkan, Stop Khawatir Tentang Masa Depan dengan Mengimplementasikan 7 Hal Ini

Tujuan hidup bersifat subjektif, berbeda bagi setiap orang. Artikel ini membahas beberapa strategi bermanfaat untuk menemukan dan mengarahkan kemudimu di laut yang terkadang bergolak dengan menemukan dan memperkuat tujuan hidup.

Sumbangkan Waktu, Uang, atau Bakat

Jika kamu dapat memupuk meski hanya satu kebiasaan yang bermanfaat dalam pencarian tujuan hidup, tidak hanya membantumu tetapi juga akan membantu orang lain.

Para peneliti di Florida State University dan Stanford menemukan bahwa kebahagiaan dan kebermaknaan agak tumpang tindih tetapi berbeda. Kebahagiaan dikaitkan dengan orang yang menjadi pengambil sebelum menjadi pemberi, sedangkan kebermaknaan sejalan dengan menjadi lebih sebagai pemberi daripada penerima. Pemberi dalam hubungan dilaporkan memiliki tujuan hidup lebih sering daripada pengambil.

Perilaku altruistik dapat mencakup menjadi sukarelawan untuk organisasi nirlaba, menyumbangkan uang untuk tujuan yang menarik kepedulianmu, atau sekadar membantu orang-orang di sekitar setiap hari.

Apakah kamu memutuskan untuk menghabiskan dua hari Sabtu dalam sebulan menyajikan makanan di dapur umum, atau secara sukarela mengantarkan tetangga lansia ke toko kelontong seminggu sekali, melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain dapat membuatmu perlahan menemukan tujuan hidup dan merasa seolah-olah hidupmu bermakna.

Dengarkan Umpan Balik

Terkadang sulit untuk mengenali hal-hal yang membuatmu bersemangat. Lagi pula, kamu mungkin suka melakukan banyak hal berbeda dan hal-hal yang kamu sukai mungkin telah tertanam begitu dalam dalam hidupmu sehingga kamu tidak menyadari betapa pentingnya hal-hal itu.

0 Komentar