Tenang! Kamu Tetap Bisa Berteman dengan Mengikuti 5 Kiat Ini Meski Punya Kecemasan Sosial

Berteman
Berteman. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Bagi siapa pun, berteman bisa menjadi hal yang sulit. Akan tetapi, berteman akan lebih menantang bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan sosial (SAD).

Kecemasan sosial adalah jenis kecemasan yang menyebabkan orang merasa sangat gugup dan sadar diri dalam situasi sosial. Hal ini sering mengarah pada penghindaran situasi sosial, yang dapat mempersulit pembentukan dan pemeliharaan persahabatan.

Jika kamu hidup dengan SAD, kamu mungkin ingin berteman tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Namun, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menjalin pertemanan, memperluas lingkaran sosial, dan membangun hubungan yang memuaskan.

Lawan Pikiran Negatif

Baca Juga:Takut Ditolak Pengaruhi Keputusanmu untuk Memulai, Segera Atasi dengan 3 Hal IniPentingnya Mempunyai Teman, Kamu Harus Melakukan 14 Hal Ini Jika Tidak Memilikinya

Pemikiran negatif dapat memainkan peran penting dalam memperburuk kecemasan sosial. Contoh pikiran negatif yang dapat membuatmu lebih sulit berteman antara lain berpikir bahwa tidak ada orang yang tertarik dengan apa yang kamu katakan, menganalisis kata-kata dan tindakan orang secara berlebihan, berpikir bahwa kamu dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain, dan selalu menganggap yang terburuk.

Pembingkaian ulang kognitif adalah salah satu strategi yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengubah pemikiran ini. Proses ini membantu orang belajar mengenali distorsi pikiran, menyesuaikan pola pikir mereka, dan melihat sesuatu dengan cara yang lebih optimis.

Berteman membutuhkan waktu, tetapi jika kamu merasa tidak dapat bertemu orang baru atau gagasan untuk mencoba bertemu orang baru terlalu menakutkan atau berlebihan, sebaiknya berkonsultasi dengan terapis.

Tetapkan Tujuan Kecil

Alih-alih langsung mencoba menjalin pertemanan baru, kamu bisa mulai dengan menetapkan tujuan yang lebih kecil dan kemudian mengambil langkah kecil untuk mencapainya. Beberapa sasaran kecil yang mungkin bisa kamu tetapkan meliputi:

  • Tersenyum pada orang asing
  • Berbasa-basi dengan kasir di toko kelontong
  • Membuat kontak mata dan melambaikan tangan ke tetangga
  • Mengirim SMS ke kenalan atau teman saat ini untuk menyapa

Latih Keterampilan Sosial

Saat kamu berupaya mencari teman baru, mempelajari dan melatih keterampilan sosialmu juga dapat membantu. Ini tidak hanya dapat membantu menghilangkan kecemasan, tetapi juga dapat membuat interaksi dan bertemu orang lebih mudah.

0 Komentar