Tenang! Kamu Tetap Bisa Berteman dengan Mengikuti 5 Kiat Ini Meski Punya Kecemasan Sosial

Berteman
Berteman. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Beberapa keterampilan yang dapat membantu usaha berteman termasuk menggunakan bahasa tubuh terbuka dan mempelajari cara berbasa-basi dengan kenalan baru. Melatih percakapan ini dan memiliki daftar topik obrolan ringan dapat membantumu merasa lebih nyaman dalam interaksi santai ini.

Lihatlah semua interaksi sosialmu—apakah itu di tempat kerja, sekolah, masjid, atau bahkan toko kelontong—sebagai kesempatan untuk melatih keterampilanmu.

Kamu tidak akan menjauh dari setiap pertemuan dengan teman baru, tetapi kamu akan berlatih tersenyum, mengobrol, dan keterampilan sosial lainnya. Ini juga memberimu kesempatan untuk berlatih mengelola kecemasan yang dapat ditimbulkan oleh interaksi ini.

Bertemu Orang Baru

Baca Juga:Takut Ditolak Pengaruhi Keputusanmu untuk Memulai, Segera Atasi dengan 3 Hal IniPentingnya Mempunyai Teman, Kamu Harus Melakukan 14 Hal Ini Jika Tidak Memilikinya

Untuk menemukan calon teman, kamu perlu mencari peluang untuk mengenal orang baru. Saat mencari calon teman, tempat terbaik untuk memulai juga yang paling mudah.

Apakah kamu bekerja dengan orang lain? Apakah kamu mengenal seseorang yang memiliki banyak teman? Bisakah kamu bergabung dengan grup atau organisasi untuk meningkatkan jumlah orang yang berhubungan denganmu?

Penting untuk tidak terlalu pilih-pilih pada awalnya. Siapapun bisa menjadi teman potensial. Kesan pertama belum tentu merupakan indikator terbaik tentang siapa yang bisa menjadi teman jangka panjang.

Katakan Ya untuk Undangan yang Diberikan Kepadamu

Saat bertemu orang baru, berusahalah untuk menerima undangan dan membuat rencana dengan orang lain. Saat kamu diundang untuk menghabiskan waktu bersama orang lain, lakukan yang terbaik untuk tidak menolaknya. Mengatakan ya membantu menunjukkan bahwa kamu tertarik dan bersedia untuk berteman dan melakukan upaya untuk memperkuat hubungan.

Dengan cara yang sama, kamu tidak harus selalu mengharapkan orang lain membuat rencana. Meskipun membuat rencana bisa menjadi tugas yang menantang bagi penderita kecemasan sosial, penting untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu tertarik pada mereka dan ingin bersama. Mulailah dari yang kecil dengan mengajak mereka bertemu untuk minum kopi, mengunjungi toko buku lokal, atau berbelanja bersama.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar