Ceramah Habib Luthfi: Mengapa Islam Harus Masuk Lewat India Dahulu? (Part 1)

Masuk lewat India
Ceramah habib Luthfi tentang Islam masuk lewat India (Radar Pekalongan/NUOnline)
0 Komentar

Begitu baginda Nabi hijrah ke Yastirb, ternyata kota ini telah berhubungan ke Timur jauh negeri Cina 3000 tahun yang lalu sebelum masehi. Maka digalang oleh Rasulullah SAW pembangunan ekonomi, pembangunan sarana ibadah dihidupkan oleh Baginda Nabi SAW.

Perjalanan inilah yang ditiru oleh pewaris-pewarisnya khususnya keluarga Baginda Nabi SAW—yang namanya Sayyid Amir Abdul Malik.

Amir Abdul Malik bin Alwi bin Syekh Murbat bin Ali Khalid Wasm bin Alwi bin Muhammad bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa An-Naqib bin Muhammad An-Naqib al-Khuraidi bin Ja’far Shodiq bin Mohammad bin Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein Shidqi bin Abi Thalib bin Wabni Fatimatuzzahra al-Batul binti Rasulillah SAW.

Baca Juga:5 Cara Membuat Ketupat Enak untuk Menyambut Kemenangan Idul FitriInilah Sensitivitas FF Auto Headshot untuk 5 Hape Keren

Masuk Lewat India Melalui Jalan Sutra

Beliau pertama kali masuk lewat India. Melanjutkan jalan sutra. Jadi kakek moyang wali sembilan itu dan habaib lain pastinya, meneruskan napak jalan sutra yang dirintis oleh Baginda Nabi SAW.

Dari Cina, India mengirimkan sutra-sutra untuk dibawa ke Timur Tengah. Dari Timur Tengah obat-obatan, ilmu kedokteran, barter antar Cina dan negara Arab pada waktu itu. Itulah hebatnya. Rintisan ini dikembangkan oleh nenek-moyang Wali sembilan.

Melalui jalan sutra, Islam masuk lewat India. Beliau tinggal di India untuk beradaptasi disamping penguasaan ekonomi sutra dan kain tekstil terutama—yang ini sangat diperlukan pada waktu itu.

Karena mayoritas di India agamanya Hindu dimana sumber agama Hindu dan Budha berasal dari India. Cuma Budha berkembangnya di Tiongkok, di Bet sampai ke Thailand, Vietnam. Sedangkan Hindu mutlak agama yang sembilan puluh persen di India.

Selanjutnya ketika beliau masuk ke Indonesia sudah ada pembekalan yang luar biasa. Yang dibawa wali sembilan dimana jalur suteranya dibawa, intelektualnya lebih-lebih, ilmuwannya lebih-lebih, begitu masuk ke Indonesia—dimana kerajaan-kerajaan begitu hebatnya seprti Majapahit, Pajajaran—beliau begitu masuk yang dibuka apa? Market.

Marketing atau pasar bagaimana membuka toko-toko, bahan, dan sebagainya sampai ke obat-obatan. Jadi kalau kita terjemahkan wali sembilan itu masuk lewat India baru ke Indonesia,

0 Komentar