Tata Cara Ibadah Puasa

Tata cara ibadah puasa
Tidak hanya sekedar menahan makan dan minum, ibadah puasa memiliki tata cara yang harus diterapkan bagi seorang muslim -freepik-
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sejarah ibadah puasa di bulan penuh berkah, bulan Ramadan, masih banyak belum diketahui oleh banyak umat Islam. Salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh manusia yang beragama islam.

Ibadah puasa ini sudah dikerjakan atau ditunaikan oleh seluruh umat islam sejak zaman sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. Namun, tata cara ibadah puasa tiap-tiap umat berbeda.

Pada surat Al-Baqarah ayat ke 183 dijelaskan bahwa ibadah puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam.

Baca Juga:Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C selama PuasaCara Daftar Tiktok Affiliate, Solusi Kamu yang Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dilansir dari NU Online, pada Rabu (15/03/2023), sejarah dari ibadah puasa adalah ketika awal mula perjalanan Nabi Muhammad hijrah ke Yatsrib. Ketika itu, umat muslim diwajibkan puasa pada bulan Sya’ban di tahun ke-2 hijriah.

Sebelum itu Nabi Muhammad SAW sudah melaksanakan ibadah puasa Asyura pada tanggal 10 Muharam yakni sebelum munculnya perintah untuk menunaikan atau melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Lalu ketika ayat yang berisi perintah mengenai puasa Ramadan turun, Nabi Muhammad mulai menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk melakukan puasa Ramadan.

Ibadah puasa Ramadan inilah yang menggantikan puasa Asyura. Meski demikian, Nabi Muhammad SAW masih memperbolehkan umatnya untuk melaksanakan puasa Asyura. Dengan catatan puasa Asyura hukumnya sunnah dan hanya boleh dilakukan dengan niat untuk menambah pahala.

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh banyak kaum muslim. Bulan Ramadan kerapkali disebut dengan bulan seribu berkah atau bulan yang dilimpahi keberkahan.

Menunaikan ibadah puasa terutama di bulan Ramadan memiliki fadilah atau keutamaan yang sangat besar. Setiap tahun terutama di bulan Ramadan, semua umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan dan menambah amal ibadah mereka. Hal tersebut sebagai euphoria moment Ramadan yang hanya terjadi satu bulan dalam satu tahun.

Tata cara ibadah puasa

Berikut adalah hal yang penting untuk umat muslim ketahui mengenai bagaimana tata cara ibadah puasa Ramadan. Puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang memiliki tata cara yang diatur dalam syariat Islam.

0 Komentar