Tata Cara Ibadah Puasa

Tata cara ibadah puasa
Tidak hanya sekedar menahan makan dan minum, ibadah puasa memiliki tata cara yang harus diterapkan bagi seorang muslim -freepik-
0 Komentar

  • Niat berpuasa

Segala hal harus diawali dengan niat. Begitupun dengan ibadah puasa Ramadan. Niat adalah hal yang penting yang harus dilakukan.

Niat berpuasa di bulan Ramadan biasanya dilakukan pada malam hari sebelum puasa. Adapun niat berpuasa Ramadan adalah : Nawaitu shauma ghadin ‘an qadha’I fardli syahri ramadhona hadihissanati fardol lillahi ta’ala.

  • Sahur

Kegiatan yang dianjurkan setelah itu adalah makan sahur. Definisi sahur adalah makan yang dilakukan ketika waktu pagi hari sebelum imsak.

Baca Juga:Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C selama PuasaCara Daftar Tiktok Affiliate, Solusi Kamu yang Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Makan sahur juga membantu ibadah puasa kamu lebih optimal dan supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Pastikan dirimu untuk sahur dengan makanan yang bernutrisi seperti makanan yang tinggi protein, karbohidrat yang cukup dan juga serat.

Karena dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi berguna untuk mempersiapkan energi dan daya tahan tubuh dalam berpuasa selama 12 jam dan juga membantu menurunkan kadar keasaman pada lambung sebagai upaya untuk menghindar dari gangguan pencernaan.

  • Menahan Hawa Nafsu

Berpuasa bukan menjadi penghalang bagi kita untuk melaksanakan segala aktivitas yang dijalani. Justru dengan berpuasa banyak sekali hal-hal yang bernilai positif dan mampu bernilai ibadah jika kita melakukannya.

Dengan berpuasa, bukan berarti kita harus mengurung diri dan hanya bermalas-malasan atau hanya tidur saja. Justru ketika kita tidak melakukan apa-apa, kita akan terus memikirkan kapan waktu untuk berbuka atau berapa jam lagi harus puasa.

Dengan melakukan berbagai kegiatan positif, waktu ketika berpuasa akan jalan terasa cepat. Tetapi yang menjadi masalahnya adalah kita tidak pernah tahu ada kendala apa saat kita berada diluar rumah, tentu banyak sekali godaan dan rintangan yang dapat membatalkan puasa.

Dapat menahan hawa dan nafsu adalah komponen yang harus kamu lakukan ketika menunaikan ibadah puasa. Jika kamu mampu untuk mengalahkan perasaan hawa dan nafsu tersebut maka kamu melakukan iabdah puasa dengan benar dan diridhai oleh Allah SWT.

  • Berbuka puasa

Segerakanlah waktu berbuka puasa ketika waktu adzan maghrib sudah berkumandang. Berbuka dengan diawali makanan yang manis alami seperti kurma atau buah-buahan yang kaya akan serat dan mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat.

0 Komentar