5 Cara Terhindar dari Pinjaman Ilegal, Dijamin Ampuh dan Wajib Coba!

cara terhindar dari pinjaman ilegal
5 Cara Terhindar dari Pinjaman Ilegal, Dijamin Ampuh dan Wajib Coba! (Freepik.com)
0 Komentar

3. Hindari Pengajuan dengan Jumlah Besar

Ilustrasi pinjaman uang (Foto/Freepik.com)

Cara terhindar dari pinjaman ilegal yang tak kalah penting adalah menghindari pengajuan pinjaman dengan jumlah yang besar. Bagi kamu yang pemula, hindari pengajuan dengan nominal yang besar. Meski terlihat sangat mudah dan menggiurkan mengenai proses pencairan pinjaman pada aplikasi tersebut.

Kamu perlu memahami aturan bunga pinjaman yang ditawarkan oleh penyedia jasa. Cek lebih dahulu apakah bunga serta masa cicilan yang ditawarkan masih dalam presentasi wajar atau tidak?

Baca Juga:Gak Mudik? Simak 5 Ide Liburan Idul Fitri 2023 Meski di Rumah Aja, Dijamin Tetap Seru!6 Tips Ajak Anak Liburan Lebaran 2023, Anti Rewel dan Menyenangkan!

Selain itu, pertimbangkan jumlah pinjaman dan masa cicilan dengan kemampuanmu dalam membayarnya. Sebab, banyak kasus gagal bayar pinjaman dikarenakan bunga yang terlalu besar hingga masa cicilan yang tidak sesuai dengan kemampuan keuangan si peminjam. Jadi, kesadaran serta kebijakan saat meminjam merupakan poin penting.

4. Waspada dengan Pencurian Data Pribadi

Ilustrasi Perlindungan Data.

Bagi pemula yang akan melakukan pinjaman online, perlu untuk mewaspadai adanya pencurian data. Bagi pinjaman ilegal, kasus ini sangat sering terjadi. Tak ayal, banyak peminjam yang diteror melalui teman dekat atau keluarga dengan membocorkan data pribadi serta pinjaman yang dilakukan.

Oleh karenanya, sebelum melakukan registrasi biodata. Waspadai saat adanya syarat memasukan informasi NPWP, foto KTP hingga nomor ATM. Bahkan, kamu perlu menghindari aplikasi pinjaman online yang meminta foto pribadi dengan gaya memegang KTP.

Sebab, seringkali foto tersebut di salah gunakan untuk melakukan teror jika terjadi macet saat pembayaran. Sehingga, kamu perlu cek ulang dan seksama aplikasi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari OJK atau belum. Jangan mudah menekan tombol allow terhadap notifikasi apapun terutama yang berkaitan dengan penyedia jasa pinjaman.

5. Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Ilustrasi Pinjaman Online.

Cara terhindar dari pinjaman ilegal yang terakhir adalah memahami syarat, ketentuan serta kebijakan sebelum meminjam. Seringkali, lama syarat dan ketentuan sangat membosankan untuk diperiksa. Tak ayal, banyak yang secara sembarang menekan pilihan setuju.

Padahal, hal ini dapat menjadi celah dimana pinjaman ilegal akan menggunakan persetujuan tersebut sebagai alat menggunakan data pribadimu. Oleh karenanya, sangat penting untuk membaca dengan cermat syarat serta ketentuan yang diberikan.

0 Komentar