Mendunia, Kuliner Tempe Mendoan Raksasa asal Banjarnegara Bikin Nagih

Kuliner Tempe Mendoan Raksasa asal Banjarnegara
Mendunia, Kuliner Tempe Mendoan Raksasa asal Banjarnegara Bikin Nagih.(RadarPekalongan/Dwi Fusti Hana Pertiwi)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Seorang warga di Kabupaten Banjarnegara membuat kuliner khas tempe mendoan berukuran jumbo atau dikenal sebagai mendoan raksasa kang Sarwono. Tak hanya dikenal dilokal bahkan dibeberapa kota besar tahu kuliner lokal asal Prolok Banjarnegara tersebut.

Mendoan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tempe dan tepung lalu digoreng setengah matang atau sesuai permintaan pelanggan.

Namun berbeda dari mendoan Kang Sarwono ini, yakni ukuran tempe mendoan yang dibuat nya 6 kali tempe biasa atau dengan lebar 15 cm dan panjang 30 cm, tak heran dijuluki sebagai mendoan raksasa.

Baca Juga:Bioskop Pekalongan 9 April 2023, Berikut Jadwal Lengkapnya!Kolaborasi Suga BTS dan IU “People Pt.2” Sapu Bersih Tangga Lagu iTunes Di Seluruh Dunia

Sarwono memadu bumbu rempah sebagai bahan dasar adonan, serta tambahan daun bawang dan teknik penggorengan dengan api sedang. Tak heran tempe mendoan buatanya memiliki citarasa rasa gurih dan bikin nagih saat dinikmati.

“Tempe bukan sembarang tempe, tempe mendoan kang Sarwono besar bentuknya enak rasanya, makan sekali bikin nagih. Itulah slogan kami. Disini kami juga menjual tepung bumbu instan yang bisa langsung dipakai tinggal diberi air saja,” kata Founder mendoan raksasa, Kang Sarwono saat ditemui saat membuka stand di Ikala Ramadhan Fest Kota Pekalongan 2023.

Harga Mendoan Raksasa Kang Sarwono

Kuliner lokal Prolog Banjarnegara ini memiliki tekstur tempe yang lembut ditambah cocolan sambal kecap pedas manis, membuat banyak orang ketagihan. Untuk satu porsi tempe mendoan raksasa ini dijual Rp20.000/porsi.

“Harga tidak ada kenaikan meski bahan baku naik,” Katanya.

Bahkan selama pameran stand di Kota Pekalongan, karena memiliki ukurannya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

“Antusias bagus di Pekalongan, karena ini bukan event pertama kami disini. Jadi karena antusias bagus makanya kami datang lagi kesini,” jelasnya.

Disambut antusias, Sarwono mengaku untuk event di Kota Pekalongan ini pihaknya membawa kurang lebih 200 lembar tempe raksasa untuk dijual disana.

Disini juga menghadirkan tepung bumbu serba guna yang dibanderol mulai Rp25.000 per bungkus.

“Ini asli buatan dari tempe mendoan raksasa,” lebih lanjut.

0 Komentar