11 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Puasa

Mengatasi perut kembung
Ilustrasi orang sedang mengalami perut kembung (Freepik)
0 Komentar

4. Makan dengan perlahan

Cara paling ampuh untuk mengatasi perut kembung adalah dengan makan secara perlahan, sebab jika makan dengan tergesa-gesa menjadikan makanan yang masuk menjadi tidak halus dan menjadikan kerja lambung menjadi lebih berat.

Ini menjadikan produksi gas menjadi lebih meningkat  dan akhirnya menjadikan perut menjadi kembung

5. Hindari makanan berlemak

Makanan yang berlemak hanya akan memperparah keadaan ini dikarenakan makanan berlemak memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa dicerna dan menjadikan peningkatan produksi gas didalam lambung.

Baca Juga:4 Risiko Gagal Bayar Pinjol5 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

6. Berhenti merokok

Ini dikarenakan orang yang merokok lebih banyak menelan banyak udara daripada orang yang tidak merokok, semakin sering merokok maka semakin banyak juga udara yang masuk. Selain itu merokok juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat menimbulkan banyak penyakit. Baik rokok elektrik maupun rokok tembakau keduanya sama-sama tidak baik bagi kesehatan.

7. Tidak berbicara ketika makan

Sama seperti merokok berbicara ketika sedang makan juga bisa mendorong udara yang masuk kedalam perut menjadi lebih banyak. Oleh karena itu ketika sedang makan hindarilah berbbicara ketika sedang makan.

8. Lakukan olahraga ringan

Cara paling ampuh untuk mengatasi perut kembung adalah dengan melakukan olahraga ringan, karena dengan olahraga ringan mampu menjadikan otot-otot perut akan menjadi lebih rileks. Sehingga gas yang berada didalam perut mampu dikeluarkan.

Misalnya dengan berjalan santai setelah makan ini juga mampu membantu untuk mendorong sistem pencernaan dan memindahkan makanan dengan lancar.

9. Minum probiotik

Probiotik merupakan suplemen yang mengandung bakteri sehat dan sudah ditemukan didalam saluran pencernaan seseorang. Dengan bantuan bakteri baik dapat membantu memecah makanan dan memecah gas hydrogen yang diproduksi selama proses pencernaan.

10. Kompres air hangat

Mengompres air hangat di area perut ternyata mampu membantu mengatasi perut kembung, karena dengan mengompres air hangat di area perut mampu membuat otot-otot  yang ada di saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan menekan rasa tidak nyaman yang dapat mengakibatkan perut kembung.

0 Komentar