5 Cara Bikin Bakwan Sayur Kriuk Tahan Lama, Wajib Praktek Nih!

cara bikin bakwan sayur kriuk tahan lama
5 Cara Bikin Bakwan Sayur Kriuk Tahan Lama, Wajib Praktek Nih! (Kobe.id)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Siapa sih yang tidak kenal dengan bakwan? Gorengan satu ini sudah lama dikenal sebagai salah satu favorit masyarakat. Namun, masih sedikit yang mengetahui cara bikin bakwan sayur kriuk tahan lama.

Padahal, cara membuat sajian satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Uniknya, bakwan memiliki beragam nama di beberapa daerah. Misalnya, bala-bala, weci hingga ote-ote. Bakwan sendiri sangat identik dengan gorengan yang memiliki tekstur renyah dan lembut di bagian dalam.

Nah, buat kamu yang penasaran cara bikin bakwan sayur kriuk tahan lama. Yuk, simak lima caranya berikut ini.

1. Pakai Tepung Beras Campuran

Ilustrasi Adonan Tepung.

Baca Juga:Simak, 5 Tren Warna Baju Lebaran 2023 yang Bisa jadi Inspirasimu5 Tips Merawat Motor Matic Supaya Awet, Wajib Praktek Nih!

Cara bikin bakwan sayur kriuk tahan lama yang pertama adalah dengan memakai tepung beras campuran. Maksudnya adalah selain menggunakan tepung terigu. Kamu dapat menggunakan tepung beras sebagai campuran adonan.

Kamu hanya perlu menggunakan sedikit saja. Hal ini supaya membuat tekstur bakwan menjadi lebih kenyal dan renyah saat disajikan. Gunakan takaran 3:1 antara tepung terigu dengan tepung beras.

2. Gunakan Air Es

Cara bikin bakwan sayur kriuk tahan lama yang kedua adalah menggunakan air es. Setelah membuat racikan adonan tepung bakwan. Gunakan air yang dingin atau air es untuk mencampurkan seluruh bahan tepung. 

Air es sendiri dapat membantu adonan bakwan menjadi renyah dan tahan lebih lama setelah digoreng. Selain menggunakan air dingin, kamu juga dapat membuat adonannya sedikit lei encer supaya tekstur bakwan tidak terlalu mengandung banyak tepung.

Sebab, bakwan yang terlalu tebal atau banyak tepung hanya menghilangkan sensasi renyah. Sedangkan, ketika adonan bakwan mencair dan lebih sedikit tepung. Tekstur bakwan menjadi lebih renyah dan tahan lama.

3. Berikan Tambahan Kuning Telur

Ilustrasi Kuning Telur.

Setelah membuat adonan yang tepat, kamu juga dapat menambahkan kuning telur sedikit saja ke dalamnya. Kamu tak perlu menggunakan bagian putih telur. 

Setelah menggunakan kuning telur dan mencampurkan ke dalam adonan. Jangan lupa aduk hingga rata. Hal ini perlu dilakukan supaya bakwan menjadi lebih gurih, lebih menarik dan lebih renyah. Tambahkan pula bumbu tambahan seperti garam, kaldu jamur hingga erica untuk menambah rasa pada bakwan yang akan kamu buat. Gunakan juga campuran sayur secukupnya supaya jumlah adonan dengan sayuran menjadi seimbang. Hasil gorengan pun dapat sesuai tekstur yang kamu inginkan.

0 Komentar