Lengkap! Panduan Shalat Lailatul Qadar: Hidupkan Malam Penuh Kemuliaan

Panduan shalat lailatul qadar
Panduan shalat lailatul qadar. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Banyak ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan di malam lailatul qadar, salah satunya adalah shalat lailatul qadar. Umat Islam sangat disarankan untuk menghidupkan malam kemuliaan ini dengan bersujud dan menyembah hanya kepada Allah SWT.

Dalil Anjuran Shalat Lailatul Qadar

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mensabdakan anjuran melaksanakan shalat lailatul qadar melalui hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Baca Juga:Pasanganmu Membutuhkan Ruang Sendiri? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Hindari dan LakukanFakta Ketakutan dan Fobia: Ternyata 2 Hal yang Berbeda!

Maksud “iimaanan”(karena iman) dalam hadits tersebut menurut Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dalam kitab Fath Al-Baari, 4:251 adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang diberikan (bagi orang yang menghidupkan malam tersebut).

Sedangkan “ihtisaaban” bermakna mengharap pahala (dari sisi Allah), bukan karena mengharap lainnya yaitu contohnya berbuat riya’.

Anjuran mengenai sholat Lailatul Qadar juga termaktub dalam kitab Nasiha Durratun Nashin fil Wa’zhi wal Irsyad karya Syekh Utsman Al-Khaubawi. Dalam kitab tersebut, diungkapkan bahwa shalat lailatul qadar termasuk ke dalam shalat yang berhukum sunnah.

Dalam kitab tersebut diterangkan mengenai shalat lailatul qadar, di mana shalat ini dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan.

Syekh Utsman menyebutkan, orang yang melaksanakan shalat ini akan diampuni dosa-dosanya dan dosa kedua orang tuanya. Selain itu juga akan dibangunkan istana, pepohonan dan sungai di surga kelak.

Keutamaan Shalat Lailatul Qadar

Riwayat dalam kitab-kitab nasihat Durratun Nasihin fil Wa’zhi wal Irsyad, karangan Syekh Utsman Al-Khaubawi, menyebutkan bahwa terdapat beberapa keutamaan bagi orang yang melaksanakan shalat lailatul qadar

Diampuni dosanya. Orang yang mengamalkan sholat pada malam lailatul qadar akan diampuni dosa-dosanya ketika ia bangun dari duduknya.

Baca Juga:Pertahanan Diri dengan Represi Emosi, Ketahui Fakta Ini Sebelum Menerapkannya!Tidak Bisa Menangis Meski Sedih? Ini 8 Alasan yang Menjadi Pemicunya

Diampuni dosa kedua orang tuanya. Tidak hanya diampuni dosa orang yang mengerjakan shalat pada malam lailatul qadar, akan tetapi juga diampuni dosa-dosa kedua orang tuanya.

0 Komentar