6 Tips Mengungkapkan Perasaan, Cocok Untukmu yang Suka Memendam

Tips Mengungkapkan Perasaan
Tips Mengungkapkan Perasaan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Jauh lebih mudah untuk membagikan pemikiran, informasi intelektual di otak, daripada mengungkapkan perasaan. Baik wanita maupun pria dapat mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaan, meskipun pasangan pria tampaknya lebih sulit berkomunikasi dari hati ke hati.

Berbagi kedalaman perasaan di hatimu mengambil risiko emosional dan keberanian untuk diungkapkan, karena dapat membuatmu merasa terekspos dan rentan.

Namun, mengetahui bagaimana mengungkapkan perasaan juga merupakan hal yang akan menciptakan kedekatan dan koneksi dalam hubunganmu. Kamu dapat mencapai keintiman yang lebih dalam dengan berbagi apa yang ada di hatimu dengan pasangan.

Baca Juga:5 Contoh Double Standard, Indikasi Bahwa Kamu Terjebak di DalamnyaDouble Standard: Situasi Hubungan Tak Imbang yang Harus Kamu Tangani

Cobalah tips ini untuk membantumu merasa lebih nyaman dan siap mengungkapkan perasaan dengan pasangan.

Tips Mengungkapkan Perasaan

Terima Perasaanmu

Penerimaan emosional melibatkan membiarkan perasaanmu ada tanpa menghakimi atau menyangkalnya. Jika kamu menolak atau menahan apa yang kamu rasakan, kemungkinan besar hal itu akan memperburuknya.

Menilai, menyangkal, atau menolak emosi bisa berbahaya karena sering mengakibatkan perilaku koping yang tidak sehat. Ini dapat menyebabkan konflik dan ketegangan yang merusak koneksi dan keintimanmu.

Terimalah bahwa perasaan itu tidak benar atau salah. Sebaliknya, perilaku yang dihasilkan karena perasaan itulah yang dinilai.

Misalnya, hanya karena kamu marah, kamu tidak berhak melakukan kekerasan. Mengelola perasaan negatif berarti menerimanya tanpa membiarkannya menguasaimu, itulah langkah pertama untuk perlahan bisa terbiasa mengungkapkan perasaan.

Deskripsikan Perasaanmu

Mampu mengidentifikasi emosimu adalah bagian penting untuk mengetahui cara membicarakan perasaanmu. Gambarkan perasaan itu dengan mengatakannya atau menuliskannya. Pikirkan tentang bagaimana membantu pasanganmu berempati atau membantu mereka memahami bagaimana rasanya berjalan di posisimu.

Jika kamu kesulitan menemukan kata yang tepat, ingatlah bahwa sebagian besar perasaan dapat diringkas dalam satu kata, termasuk:

  • Marah
  • Terserang
  • Malu
  • Senang
  • Terluka
  • Sedih
  • Takut

Labeli Emosimu

Baca Juga:Lengkap! Panduan Shalat Lailatul Qadar: Hidupkan Malam Penuh KemuliaanPasanganmu Membutuhkan Ruang Sendiri? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Hindari dan Lakukan

Penelitian juga menunjukkan bahwa menamai emosi, sebuah strategi yang dikenal sebagai pelabelan pengaruh, dapat mengurangi intensitas emosi dan tekanan yang terkait dengannya.

Praktik

Salah satu strategi yang dapat membantu untuk mengungkapkan perasaan adalah meluangkan lebih banyak waktu untuk berbicara tentang emosi secara umum sebagai bagian dari percakapan sehari-hari. Tanyakan kepada pasanganmu tentang bagaimana perasaannya, lalu bagikan keadaan emosimu sendiri.

0 Komentar