Double Standard: Situasi Hubungan Tak Imbang yang Harus Kamu Tangani

Double Standard dalam hubungan
Double Standard dalam hubungan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika kamu dilecehkan secara fisik atau verbal, ada bantuan. Tidak pernah baik bagi seseorang untuk memperlakukanmu seperti ini.

Cara Menyikapi Double Standard dengan Pasanganmu

Apakah seseorang sengaja atau tidak sengaja memegangnya, double standard dapat merusak hubungan. Jika tidak ditangani, standar ganda dapat mengikis kepercayaan, menghancurkan keintiman, dan menciptakan kebencian di antara pasangan, yang berujung pada perpisahan atau perceraian.

Terkadang, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memegang standar ini sampai pasangannya mengemukakannya. Memiliki percakapan yang terbuka dan jujur dengan pasanganmu dapat membantu mereka memahami perasaanmu serta memberimu kesempatan untuk belajar tentang konteks dan keadaan perilaku dan kebutuhan mereka.

Baca Juga:Lengkap! Panduan Shalat Lailatul Qadar: Hidupkan Malam Penuh KemuliaanPasanganmu Membutuhkan Ruang Sendiri? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Hindari dan Lakukan

Berikut adalah beberapa tip tentang cara mengatasi standar ganda dalam hubunganmu:

Pikirkan baik-baik apa yang akan kamu katakan: Luangkan waktu untuk menuliskan dengan tepat apa yang kamu ingin pasanganmu ketahui. Miliki contoh double standard yang mereka berikan kepadamu. Mengatur pikiranmu dapat membantu membuat percakapan tidak terlalu stabil karena kamu merasa lebih nyaman dan siap untuk mengekspresikan diri.

Kelola emosimu: Saat kamu mulai membicarakan masalahnya, pasanganmu kemungkinan besar akan bersikap defensif. Kamu mungkin merasakan dorongan untuk meninggikan suara, menggunakan ancaman, atau bahkan menghalangi mereka. Ini adalah cara komunikasi yang tidak efektif. Alih-alih, tetaplah tenang dan berbicara dengan nada normal sambil fokus menyampaikan perasaanmu sendiri.

Tetapkan batasan yang jelas: Ingatlah bahwa kamu dapat mengatakan tidak kepada pasanganmu meskipun itu membuat mereka tidak bahagia. Bersikap tegas, jelas, dan langsung sehingga mereka memahami batasanmu.

Jangan lakukan melalui teks: Meskipun mengirim pesan mungkin tampak seperti cara yang lebih mudah atau lebih nyaman untuk berkomunikasi, bukanlah ide yang baik untuk membicarakannya melalui perangkat digital. Lebih baik membicarakannya secara langsung.

Mencari konseling pasangan: Terapi dapat membantumu dan pasangan memahami satu sama lain dengan lebih baik, memberimu alat komunikasi untuk terhubung, dan mengatasi standar ganda sehingga kamu dapat membangun kembali kepercayaan dan integritas dalam hubungan lagi.

0 Komentar