5 Hal Seputar Lopis Pekalongan dari Sejarah Hingga Cara Membuat Step by Stepnya

Lopis Pekalongan
Lopis Pekalongan dengan cita rasa yang khas (Freepik.com)
0 Komentar

Memang dalam masa hidup KH Abdullah Siradj ia mempopulerkan Lopis sebagai penganan yang disajikan ketika momen lebaran pada 8 syawal. Karakteristik Lopis yang lebih lengket jadi alasan Presiden Soekarno agar masyarakat satu sama lainnta saling bersatu membangun kedekatan hingga sulit dipisahkan.

Sebab sifat dari beras ketan yang memiliki daya rekat yang kuat itulah inspirasi Pesan pidato kenegaraan Presiden Soekarno di Kebon Rodjo Pekalongan (sekarang Monumen). Hal inilah yang kemudian dijadikan simbol penyatuan.

Bahan Membuat Lopis Pekalongan Raksasa

1. Beras ketan setengah kilogram (500 kilogram)

2. Daun pisang jenis klutuk (300 lembar)

3. Tali Ijuk

4. Bambu

5. Kelapa Parut

6. Garam secukupnya

7. Gula Jawa (dicairkan)

8. Air untuk mengukus

9. Kayu bakar

Cara Membuat Lopis Raksasa Krapyak Pekalongan

Ada beberapa cara dalam membuat lopis Krapyak Pekalongan yang mesti melalui cara-cara yang diajarkan. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut secara urut.

Baca Juga:Menakjubkan Inilah 7 Alasan Kenapa Stand Balon Digelar Lapangan Stadion HoegengMudik Lebaran Ketupat 2023, Siapkan Fisik yang Sehat dengan Daftar Minuman ini

1. Buatlah kerangka menyerupai Lopis namun dalam bentuk raksasa karena memang tujuannya untuk membuat dalam bentuk besar.

2. Sebelum dimasak beras ketan mesti dicuci terlebih dahulu agar bersih selama 1 malam atau 8 jam lebih kira-kira.

3. Beras ketan yang sudah dicuci dan direndam selama semalam kemudian dimasak sampai setengah matang dengan cara dikukus.

4. Tumbuklah beras ketan yang setengah matang itu.

5. Hasil tumbukan beras ketan yang sudah selesai kemudian dituangkan pada cetakan yang dibuat dari pisang klutuhk dan bambu.

6. Agar tidak mudah tercecer beras ketannya ikatlah dengan kuat dengan menggunakan tali ijuk dengan kuat.

7. Kemudian masukkan ke dalam sablu (wadah untuk menanak nasi) namun jangan pakai yang kecil karena tidak kuat. Pakailah yang besar dan memuat banyak tempat karena memang mau buat Lopis raksasa Pekalongan.

Itulah beberap fakta menerik tentang Lopis Pekalongan yang harus kamu tahu. baik dari sejaranya hingga proses pembuatannya. (*)

0 Komentar