Perbaiki Masalah Komunikasi yang Bisa Berdampak Fatal dengan 6 Tips Ini

Masalah komunikasi dalam hubungan harus diselesaikan
Masalah komunikasi dalam hubungan harus diselesaikan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Hindari Pola Komunikasi Negatif

Saat kamu tergoda untuk melakukan perilaku seperti mengabaikan pasangan, menggunakan tindakan pasif-agresif, atau berteriak, pertimbangkan bagaimana tindakanmu akan berdampak negatif pada hubunganmu. Tidak selalu mudah untuk mengubah pola ini, karena banyak di antaranya terbentuk di masa kanak-kanak, tetapi menjadi lebih sadar akan hal itu dapat membantumu mulai mengganti perilaku merusak ini dengan kebiasaan yang lebih sehat dan lebih positif.

Fokus pada Hubungan

Walaupun komunikasi yang baik itu penting, penelitian menunjukkan bahwa itu hanyalah salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan, durasi, dan kepuasan dalam hubungan.

Faktanya, penelitian tampaknya menunjukkan bahwa kepuasanmu dengan hubungan dapat memprediksi seberapa baik kamu dan pasangan berkomunikasi. Semakin puas orang dalam hubungan mereka, semakin besar kemungkinan mereka untuk secara terbuka membicarakan pikiran, perasaan, kekhawatiran, dan masalah mereka satu sama lain.

Baca Juga:Pelajari 6 Karakteristik Komunikasi Efektif dalam Hubungan, Kunci Hubungan yang Lebih Sehat6 Manfaat Hobi untuk Memanajemen dan Melepaskan Stres

Kapan Harus Mencari Bantuan?

Ada banyak langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan komunikasi dalam hubungan mengatasi masalah komunikasi, tetapi mungkin ada saatnya kamu merasa membutuhkan bantuan profesional. Terapi pasangan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi masalah komunikasi yang mungkin menghambat hubunganmu.

Seorang terapis dapat membantu mengidentifikasi pola komunikasi yang tidak membantu, mengembangkan teknik koping baru, dan berlatih berbicara satu sama lain dengan cara yang lebih efektif. Mereka juga dapat mengatasi kebencian yang mendasari atau masalah kesehatan mental lainnya yang mungkin berdampak buruk pada hubunganmu.

**AN

Referensi Verywellmind.com

0 Komentar