Dilarang Melakukan Hal Ini ketika Terjadi Gerhana Matahari Hibrida

gerhana matahari hibrida
Ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika gerhana matahari hibrida sedang berlangusng! yuk simak, apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari terjadi. -freepik-
0 Komentar

Gerhana matahari hibrida termasuk momen langka

Meski momen gerhana matahari hibrida ini sangat langka dan membuat kita penasaran ingin melihatnya, namun kita tidak boleh melihatnya secara terang-terangan atau tanpa menggunakan kacamata pelindung karena dapat berakibat fatal. Adapun beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari adalah :

  • Melihat gerhana matahari secara langsung

NASA menyarankan untuk selalu menggunakan kacamata yang tepat untuk dapat menyaksikan gerhana. Adapun kacamata yang dimaksud bukan sekedar menggunakan kacamata hitam biasa. Kacamata yang dimaksud adalah kacamata gerhana yang beribu kali lebih gelap dari kacamata biasa dan telah memenuhi standar international ISO 12312-2.

Selain itu jika kacamata tersebut sudah rusak atau tergores sebelum digunakan, maka jangan pernah untuk memakainya kembali.

Baca Juga:Manfaat Mengonsumsi Tomat Mentah untuk Kecantikan5 Manfaat Mengonsumsi Tomat Mentah untuk Kesehatan

Dilansir dari Australian Radiation Protection and Nuclear Safety Agency, bahwa dengan menyaksikan gerhana matahari secara langsung, termasuk gerhana matahari hibrida, dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata. Yang menakutkan adalah kerusakan ini dapat bersifat permanen tergantung dari berapa lamanya individu melihat matahari secara langsung.

Adapun kerusakan yang ditimbulkan dapat bersifat permanen ataupun sementara. Dimulai dari gejala penglihatan warna yang berubah, kebutaan parsial, hingga kebutaan yang menyeluruh.

  • Menggunakan lensa kamera, teleskop, ataupun teropong

Dilarang untuk melihat matahari melalui lensa kamera, teleskop, teropong, atau perangkat optic lainnya ketika mengenakan kacamata gerhana. Sinar matahari yang terlalu kuat atau terkonsentrasi dapat membuat filter terbakar dan menyebabkan hal cedera yang serius pada mata.

  • Melihat matahari secara langsung melalui lubang jarum

Selain dapat menyaksikan gerhana matahari secara langsung melalui kacamata gerhana ataupun alat yang memadai lainnya, terdapat juga cara lain untuk dapat menyaksikan gerhana matahari. Yakni salah satunya dengan melihat gerhana matahari melalui metode tidak langsung.

Adapun metode ini dapat diterapkan dengan benda-benda yang mempunyai lubang kecil yang menyerupai jarum, misalnya saringan ataupun benda lain yang dapat dilubangi secara kecil-kecil. Melalui posisi membelakangi matahari, kamu dapat menyaksikan gerhana matahari hibrida maupun gerhana matahari total dan sebagian yang diproyeksikan melalui alat tersebut secara aman dan tidak takut jika terjadi hal-hal yang tidak mengenakkan.*

0 Komentar