Resik-GO, Start Up Lokal Batang Olah 3 Ton Sampah Per Hari Minim Limbah

Resik-GO
Pengolahan sampah Resik-GO di TPS3R Zero Waste Kebun Semampir, Kecamatan Reban Kabupaten Batang.
0 Komentar

BATANG, RADAR PEKALONGAN.ID – Start Up lokal Batang, Resik-GO hadir dengan inovasinya mengelola sampah di Batang. Lewat Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle TPS3R Zero Waste Kebun Semampir, Kecamatan Reban Kabupaten Batang mereka menjadikan sampah jadi barang tepat guna.

Lewat metode zero waste, pengolahan sampah sendiri menggunakan alat pencacah sampah yang dikembangkan Resik-GO. Dimana sebelumnya inovasi ini sukses menjuaraub ajang Krenova Jateng 2022.

“Pengolahan sampah yang kami ciptakan itu Resik-Go Bumi Indonesia untuk mewujudkan lingkungan hunian yang asri,” kata Pengelola Resik-Go Isnen Ambar Santosa saat ditemui di Desa Semampir, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga:DLH Batang Siagakan 100 Petugas Kebersihan, Jaga Batang Bersih Selama LebaranIni Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Mari Raih Berkah Pahala Ramadan 2023

Di TPS3R Zero Waste ini sampai diolah menjadi aneka produk. Mulai dari pupuk kompos, pupuk cair, maggot, dan kasgot.

“Sampah yang dikumpulkan saat ini masih dalam lingkup desa-desa yang ada di dekat Desa Semampir yang merupakan tempat pengolahan sampah kami. Ke depan bisa berkembang dan didukung Pemerintah agar dapat mengolah sampah dengan skala besar,” jelasnya.

Upaya Resik-GO Perluas Cakupan Maksimalkan Produksi Pengolahan Sampah

Meski begitu, kini pengolahan sampah ini baru menjangkau daerah sekitar saja. Lantaran kapasitas pengolahan sampah hanya mampu menampung 3 ton sampah per hari. Oleh karenanya pihaknya saat ini sedang merintis kerja sama dengan stake holder. Sehingga nantinya bisa melakukan riset lebih lanjut untuk memaksimalkan produksi pengolahan sampah.

“Semoga ke depannya pengolahan sampah ini dapat dipakai di Kabupaten Batang guna mengurangi beban penampungan sampah yang sekarang mulai sedikit,” pungkasnya. (nov)

0 Komentar