Meluangkan Waktu Meski Sibuk, 6 Cara Meredakan Tekanan yang Mengimpitmu

Cara meluangkan waktu di tengah kesibukan
Cara meluangkan waktu di tengah kesibukan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Banyak orang menemukan diri mereka terlalu sibuk akhir-akhir ini, sehingga membawa mereka pada berbagai situasi stres. Ini mungkin karena mereka tidak menjadikan hal-hal untuk meluangkan waktu sebagai salah satu prioritas.

Alasannya bervariasi dari orang ke orang, tetapi berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa orang merasa terlalu sibuk, bersama dengan ide meluangkan waktu dan manajemen stres untuk membantu.

Cara Meluangkan Waktu di Tengah Kesibukan

Sumber: freepik.com

Katakan Tidak

Banyak orang akhirnya menjadwalkan diri sendiri karena merasa tidak nyaman mengatakan “tidak” ketika orang menanyakan sesuatu dari mereka. Mungkin mereka tidak ingin mengecewakan orang lain atau mengakui bahwa mereka tidak dapat “melakukan semuanya”. Pada akhirnya, mereka mengecewakan diri sendiri karena tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan apa yang penting bagi mereka. Apakah ini berlaku untukmu?

Baca Juga:Miliki Kebiasaan Makan Emosional? Ketahui 5 Langkah untuk MenghentikannyaBelajar Menerima Kegagalan, 5 Proses Agar Kamu Pulih dari Kekecewaan

Jika demikian, belajar mengatakan tidak mungkin merupakan prioritas meluangkan waktu yang baik untuk dirimu. Gunakan untuk membuat ruang dalam jadwal harianmu untuk apa yang penting bagi dirimu sendiri.

Perjelas Prioritas yang Kamu Miliki

Jangan menambahkan aktivitas ke jadwalmu karena alasan yang salah, dan menghabiskan hari-harimu melakukan hal-hal yang tidak mencerminkan nilai dan prioritasmu. Jika kamu kesulitan menyesuaikan diri dengan hal-hal yang penting, maka kebutuhan seperti tidur yang cukup dan kebiasaan sehat lainnya mungkin akan tersingkir.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada dirimu, buatlah daftar hal-hal yang paling penting. Cantumkan hal-hal seperti keluarga, teman, dan karier. Kemudian lihat bagaimana kamu menghabiskan hari-harimu. Lihat berapa banyak waktu yang digunakan untuk hal-hal ini, sehingga kamu bisa melihat peluang meluangkan waktu untuk dirimu. Apakah ini pasangan yang cocok, atau apakah kamu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak begitu penting bagimu? Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan.

Petakan

Jebakan manajemen dan meluangkan waktu yang umum dialami banyak orang adalah mereka tidak tahu ke mana perginya waktu mereka, atau mereka melebih-lebihkan jumlah waktu yang mereka miliki dan meremehkan jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap aktivitas, dan menjadi terlalu berkomitmen.

0 Komentar