Kamu Merasa Terlalu Sensitif? Ini 6 Cara untuk Mengurangi Sensitivitasmu

Terlalu sensitif
Terlalu sensitif. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika seseorang memberikan umpan balik tentang proyek di tempat kerja, kamu mungkin awalnya berpikir sesuatu seperti, “Aku buruk dalam hal ini!” atau “Tidak ada yang menghargai usahaku!” kamu mungkin menggunakan penilaian ulang kognitif untuk melihat situasi dari perspektif yang berbeda.

Misalnya, kamu mungkin berpikir, “Rekan kerjaku ingin membantuku melakukan yang terbaik” atau “Melakukan perubahan itu akan benar-benar meningkatkan proyek”.

Berlatih Mindfulness

Mindfulness adalah praktik yang melibatkan belajar bagaimana memusatkan perhatian sepenuhnya pada saat ini tanpa mengkhawatirkan masa lalu atau masa depan. Bukti telah menemukan bahwa mindfulness dapat memiliki efek menguntungkan pada kondisi yang ditandai dengan disregulasi emosional.

Baca Juga:2 Cara Menangani Emosi Negatif, Mana yang Harus Kamu Adopsi dan Hindari?6 Cara Mempraktikkan Self-Compassion, Tingkatkan Level Bahagiamu

Penelitian juga menemukan bahwa intervensi meditasi mindfulness singkat memiliki efek positif pada pemrosesan emosi.

Jika kamu ingin agar tidak terlalu sensitif, mindfulness dapat meningkatkan kesadaran diri dan meningkatkan kemampuanmu untuk mengatur emosi. Proses ini membutuhkan waktu dan usaha, jadi pertimbangkan untuk menyisihkan waktu setiap hari untuk berlatih.

Cobalah Membuat Jurnal

Membuat jurnal tentang pengalaman emosionalmu bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang bagaimana perasaanmu dan menanggapi peristiwa dalam hidup. Dengan menuliskan perasaan, kamu dapat lebih memahami apa yang kamu alami. Beberapa cara membuat jurnal dapat membantumu tidak terlalu sensitif meliputi:

Membuat jurnal dapat memberimu jarak yang lebih jauh dari emosimu. Dengan melangkah mundur dan melihat apa yang kamu rasakan secara lebih objektif, kamu akan lebih mampu menilai apakah reaksimu tepat dan realistis.

Jangan Mengambil Sesuatu Secara Pribadi

Personalisasi adalah bias kognitif yang seringkali berkontribusi pada peningkatan kepekaan. Bias ini menyebabkan orang mengambil semuanya secara pribadi, menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang bukan kesalahan mereka.

Salah satu cara untuk melawan kecenderungan ini adalah dengan aktif menantang pikiran negatif. Ketika mendapati dirimu menganggap sesuatu terlalu pribadi, tanyakan pada dirimu:

  • Apakah ada faktor lain yang terlibat yang juga harus disalahkan?
  • Apakah kamu langsung mengambil kesimpulan atau membaca terlalu banyak tentang apa yang dilakukan atau dikatakan orang lain?
  • Apa beberapa cara berpikir alternatif tentang situasi tersebut?
0 Komentar