Kamu Merasa Terlalu Sensitif? Ini 6 Cara untuk Mengurangi Sensitivitasmu

Terlalu sensitif
Terlalu sensitif. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kamu dapat melawan kecenderungan untuk menganggap sesuatu terlalu pribadi dengan bekerja untuk memberi orang keuntungan dari keraguan. Ingatlah bahwa mereka mungkin tidak bermaksud seperti yang terdengar atau kamu mungkin salah paham.

Pembicaraan diri yang positif dan fokus pada kekuatanmu juga dapat membantumu agar tidak terlalu peka terhadap komentar semacam itu.

Berlatih Penerimaan Diri

Orang yang sangat sensitif terkadang juga sangat kritis terhadap diri sendiri. Dengan belajar untuk lebih menerima diri sendiri, orang dapat melawan ketakutan batin yang selalu membuat mereka mencari tanda-tanda kritik, penilaian, atau penolakan.

Agar lebih menerima diri sendiri, cari cara untuk:

Baca Juga:2 Cara Menangani Emosi Negatif, Mana yang Harus Kamu Adopsi dan Hindari?6 Cara Mempraktikkan Self-Compassion, Tingkatkan Level Bahagiamu

  • Rangkul dirimu apa adanya, termasuk kualitas baik dan negatif.
  • Kenali kekuatanmu dan hargai mereka, tetapi jangan mencoba membandingkan diri Anda dengan orang lain.
  • Tetapkan batasan untuk apa yang kamu mau dan tidak mau terima.
  • Pertahankan pandangan positif dan fokus menggunakan self-talk positif dan afirmasi untuk meningkatkan dirimu.
  • Maafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang mungkin kamu lakukan di masa lalu; mengakui kesalahan dan melanjutkan.

Belajarlah untuk Menoleransi Kesusahan

Kritik menyakitkan, bahkan ketika itu konstruktif atau datang dari sumber terpercaya. Meskipun kamu tidak dapat menghilangkan semua kritik, ada strategi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuanmu untuk menoleransi sengatannya.

Toleransi kesusahan mengacu pada kemampuanmu untuk melewati situasi yang menantang secara emosional tanpa terlibat dalam perilaku yang memperburuknya.

Misalnya, kamu mungkin kesal jika meminta bantuan teman dan dia menolakmu. Jika toleransi terhadap kesusahanmu buruk, kamu mungkin kesal dan mengatakan pada diri sendiri bahwa temanmu tidak terlalu peduli.

Toleransi tekanan yang baik, sebaliknya, akan membantumu mengelola perasaan ini pada saat itu sehingga kamu dapat melihatnya dengan perspektif yang lebih besar di kemudian hari. Alih-alih kesal, kamu mungkin mengatakan pada diri sendiri bahwa temanmu sibuk dan kamu akan bertanya lagi lain kali.

Taktik yang dapat meningkatkan toleransi distres saatmu merasa terlalu sensitif antara lain:

  • Tetap sibuk untuk mengalihkan diri dari emosi yang menyusahkan.
  • Memfokuskan perhatianmu pada orang lain alih-alih merenungkan pikiran dan emosi negatif.
  • Berpartisipasi dalam aktivitas yang kamu sukai untuk membantu menenangkan dan memberi kenyamanan pada diri sendiri.
  • Melakukan sesuatu untuk membangkitkan emosi yang berlawanan, seperti menonton film lucu atau membaca buku yang menarik.
0 Komentar