3 Hal untuk Mengurangi Bias Negatif, Bantu Kamu Lebih Positif Memandang Berbagai Situasi

Mengurangi bias negatif
Mengurangi bias negatif. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sangat perlu bagimu untuk mengurangi bias negatif atau pemikiran yang hanya berfokus pada hal-hal negatif saja. Sebab, bias negatif dapat merusak kesehatan mentalmu, menyebabkan kamu:

  • Tinggal di pikiran gelap.
  • Menyakiti hubunganmu dengan orang yang kamu cintai.
  • Membuatnya sulit mempertahankan pandangan hidup yang optimis.

Cara untuk Mengurangi Bias Negatif

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengubah cara berpikir dan melawan kecenderungan berpikir negatif, di antaranya:

Hentikan Self-Talk Negatif

Mulailah memperhatikan jenis pikiran yang mengalir di benakmu. Setelah suatu peristiwa terjadi, kamu mungkin mendapati dirimu memikirkan hal-hal seperti “Aku seharusnya tidak melakukan itu”. Pembicaraan diri sendiri yang negatif ini membentuk caramu berpikir tentang diri sendiri dan orang lain, sehingga kamu perlu menanganinya untuk bisa mengurangi bias negatif.

Baca Juga:3 Efek Perspektif Negatif, Rugikan Banyak Aspek dalam HidupmuBias Negatif, 3 Hal yang Terpengaruh Karena Kamu Terfokus Pada Hal Negatif

Taktik yang lebih baik adalah menghentikan pikiran-pikiran itu kapan pun mereka mulai. Alih-alih terpaku pada kesalahan masa lalu yang tidak dapat diubah, pertimbangkan apa yang telah kamu pelajari dan bagaimana kamu dapat menerapkannya di masa depan.

Membingkai Ulang Situasi

Caramu berbicara kepada diri sendiri tentang peristiwa, pengalaman, dan orang memainkan peran besar dalam membentuk caramu menafsirkan peristiwa. Ketika kamu menemukan dirimu menafsirkan sesuatu dengan cara yang negatif, atau hanya berfokus pada aspek buruk dari situasi tersebut, carilah cara untuk membingkai ulang peristiwa tersebut dengan cara yang lebih positif.

Ini tidak berarti mengabaikan potensi bahaya atau memakai kacamata berwarna mawar—itu hanya berarti memfokuskan kembali sehingga kamu memberi bobot yang adil dan setara pada acara-acara bagus.

Sumber: freepik.com

Tetapkan Pola Baru

Saat kamu mendapati dirimu merenungkan berbagai hal, carilah aktivitas yang membangkitkan semangat untuk menarik dirimu keluar dari pola pikir negatif dan mengurangi bias negatif. Misalnya, jika kamu menemukan dirimu secara mental meninjau beberapa peristiwa atau hasil yang tidak menyenangkan, secara sadar coba alihkan perhatianmu ke tempat lain dan lakukan aktivitas yang membuatmu senang.

0 Komentar