KAJEN, Radarpekalongan.id – Untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan lancar paska cuti bersama Lebaran 2023, Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar melakukan sidak disejumlah perkantoran. Adapun dari hasil Sidak kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan diatas 85 persen.
Pengecekan kehadiran ASN di hari pertama masuk, dilakukan Bupati Pekalongan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar. Sekda melakukan Sidak didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Anis Rosidi, Inspektur Kabupaten Pekalongan Ali Riza, dan Kepala BKPSDM Kabupaten Pekalongan Wiryo Santoso.
Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar menyampaikan pengecekan hari pertama masuk kerja dilakukan untuk memastikan pelayanan masyarakat kembali berjalan seperti biasa. Dari Sidak kehadiran personil ASN dibeberapa kantor paling sedikit 85 persen.
Baca Juga:Tradisi Syawalan Linggoasri Dimeriahkan Kirab Gunungan Hasil BumiUsai Cuti Idul Fitri 1444 H, Ini Pesan Bupati ke ASN Untuk Tingkatkan Semangat Melayani Masyarakat
“Alhamdulillah di kantor seperti inspektorat sudah hadir 100 persen. Di Sekretariatan Daerah tadi hadir 85 persen, di Kantor Dinas Sosial hadir 90 persen dan untuk yang kurang ini masih kita tunggu datanya hingga jam 10 terkait apa alasannya,” terang Sekda.
Sementara atas capaian tersebut, Sekda Akbar mengatakan Bupati Pekalongan mengapresiasi kedisiplinan para ASN Pemkab Pekalongan untuk masuk kerja sesuai dengan ketentuan.
Sekda menegaskan bahwa terkait dengan masa cuti lebaran ASN di Lingkungan Pemkab Pekalongan telah diatur sesuai dengan ketetapan pemerintah pusat, sehingga ia meminta kepada para ASN yang memperpanjang masa cutinya untuk berkomunikasi dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan atasannya dikantor.
“Dan juga untuk para ASN yang karena mungkin terjebak macet dan segala macam jadi tidak hadir dikantor juga silakan dikoordinasikan dulu dengan pimpinan diatasnya. Nanti secara berjenjang kita akan rekap berapa ASN yang cuti dan berapa yang sudah hadir,”kata Sekda.
Lebih lanjut dalam kesempatan itu, Sekda Akbar menyampaikan bahwa sidak yang dilakukannya selain untuk mengecek kehadiran ASN juga bertujuan untuk memastikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat di kantor-kantor pemerintahan berjalan optimal di hari pertama masuk kerja.
“Kita melakukan sidak ke beberapa kantor mulai dari Kantor Dinas Sosial, Dinas P3A dan PKB, Mal Pelayanan Publik, Disdukcapil, dan nanti juga kita akan ke RSUD Kajen dan Dinas Perkim LH karena kita ingin memastikan layanan seperti kesehatan, kebersihan dan persampahan semuanya berjalan dengan baik,”terang Sekda Akbar.