5 Tips Kuat Puasa Syawal saat Cuaca Panas

Tips Kuat Puasa Syawal
5 Tips Kuat Puasa Syawal saat Cuaca Panas. (Freepik.com)
0 Komentar

3. Kurangi Konsumsi Kafein dan Natrium

Ilustrasi menu makanan. (Freepik)

Tips kuat puasa Syawal yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya yaitu mengurangi konsumsi kafein dan natrium. Ketika puasa, seringkali sebagian orang mengkonsumsi teh dan kopi yang kental untuk menghindari kantuk dan menambah stamina. Padahal, minuman ini justru bersifat diuretik.

Diuretik sendiri mengakibatkan seseorang menjadi banyak buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh dalam waktu yang cepat. Sehingga, sangat disarankan untuk mengurangi asupan minuman ini. Mulailah untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat dan baik bagi tubuh.

Kemudian, selama menjalankan amalan satu ini selama 6 hari.Kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi natrium (garam). Sebab, tanpa sadar akan membuatmu menjadi cepat haus dan mudah mengalami dehidrasi. Mulailah menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi Pakaian Nyaman.

Baca Juga:5 Tips Memilih Pakaian untuk Cuaca Panas, Dijamin Nyaman Seharian!5 Resep Minuman Herbal Terbaik, Ampuh Kembalikan Energi Usai Libur Lebaran 2023

Siapa sangka, menggunakan pakaian nyaman juga menjadi tips kuat syawal saat cuaca panas yang penting. Kamu dapat menggunakan pakaian yang berbahan ringan seperti katun dan linen. Selain itu, hindari baju yang tebal dan berwarna gelap. 

Cobalah untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat atau breathable. Pilihlah warna yang cerah dan padu padankan dengan model baju yang nyaman digunakan oleh mu. Apalagi ketika beraktivitas di luar ruangan, pakaian yang nyaman membuatmu bebas bergerak dan beraktivitas seharian.

5. Kurangi Terkena Paparan Sinar Matahari

Ilustraai Sinar Matahari.

Tips kuat puasa Syawal yang terakhir yaitu mengurangi terkena paparan sinar matahari. Bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin untuk mengurangi aktivitas saat matahari menjadi sangat terik. 

Usahakan menggunakan payung, kacamata hitam atau topi untuk melindungi mata, kulit dan kepala dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa juga gunakan tabir surya secara berkala. PIlihlah kandungan SPF 30 dan PA+++ untuk perlindungan yang maksimal bagi tubuh.

Itulah lima tips kuat puasa Syawal yang bisa kamu coba selama enam hari ke depan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu. Selamat menjalankan ibadah puasa Syawal dan salam sehat. (*)

0 Komentar