6 Keutamaan Menikah, Allah Beri Kecukupan pada yang Menikah Hingga Berhubungan Intim dengan Istri Sah Adalah Sedekah

keutamaan menikah
Ilustrasi menikah (Sumber foto:freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Keutamaan menikah itu banyak. Makanya rugi kalau terus menjomblo atau menunda untuk menikah hanya karena alasan mengejar karir.

Banyak alasan seseorang menunda menikah. Ada yang beralasan belum mapan, belum memiliki rumah, dan alasan lainnya. Padahal dengan menikah Allah Ta’ala akan beri kecukupan.

Ilustrasi menikah (Sumber foto: freepik.com)

Salah satu keutamaan menikah adalah pembuka pintu rezeki. Allah beri kecukupan pada yang menikah. Ini sudah janji Allah sebagaimana disebutkan dalam bahasan surat An-Nuur berikut ini.

Tafsir Surah An-Nuur Ayat 32:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚإِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗوَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Baca Juga:3 Efek Negatif Makan Nasi Goreng Terlalu Sering, Kurangi Risikonya dengan Tips Berikut IniPolisi Larang Warga Terbangkan Balon Udara saat Syawalan 2023, Sambangi Desa Hingga Pasang Pamflet, Agar Penerbangan Aman

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur: 32)

Dalam ayat di atas ada perintah untuk menikah, demikian kata Ibnu Katsir dalam Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim, 5:532. Dengan menikah itu akan menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan sebagaimana disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan salah satu manfaat menikah yang disebutkan dalam ayat ini, Allah akan beri kecukupan.

Keutamaan Menikah

Menikah itu memiliki keutamaan. Berikut keutamaan menikah seperti dilansir rumaysho.com.

Menikah miliki keutamaan (Sumber foto: freepik.com)

  1. Menikah akan membuat seseorang lebih merasakan ketenangan.

Keutamaan menikah yang pertama adalah akan membuat seseorang lebih merasakan ketenangan. Coba renungkan ayat berikut,

وَمِنْ ءَايَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.” (QS. Ar-Ruum: 21).

  1. Menikah akan membuka pintu rezeki.

Jangan takut untuk menikah dengan alasan belum mapan. Justru dengan menikah akan membuka pintu rezeki. Ini adalah keutamaan menikah yang kedua.

Allah Ta’ala berfirman,

وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur: 32).

0 Komentar