6 Penyebab Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi, Lengkap dengan Tandanya!

Penyebab Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi
6 Penyebab Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi, Lengkap Dengan Tandanya! (Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Cuaca panas tak hanya berpengaruh pada manusia, namun juga anjing peliharaanmu. Seringkali, dehidrasi menjadi kondisi yang rentan dialami. Oleh karenanya itu, sangat penting mengetahui penyebab anjing peliharaan alami dehidrasi. 

Apalagi bagi anak anjing, kondisi fisik dan staminanya belum stabil, maka ia rentan mengalami dehidrasi dan masalah-masalah lainnya. Terlebih, perlu dipahami juga bahwa di masa pertumbuhan ini anjing peliharaan tentu perlu asupan cairan tubuh yang maksimal. So, jangan remehkan ya guys masalah dehidrasi ini.

Lalu, apa saja penyebab anjing peliharaan alami dehidrasi lengkap dengan tandanya? Kamu penasaran, bukan? Yuk, simak enam daftarnya berikut ini. 

1. Penyebab Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi

Ilustrasi Anjing.

Baca Juga:5 Tips Atasi Kulit Belang Akibat Cuaca Panas, Sudah Tahu Belum?5 Tips Kuat Puasa Syawal saat Cuaca Panas

Adapun beberapa penyebab anjing alami dehidrasi terutama di cuaca panas antara lain;

  • muntah
  • diare
  • kehilangan nafsu makan dan minum
  • sering terengah-engah
  • mengalami kondisi buang air kecil lebih banyak
  • memiliki penyakit ginjal.

Secara umum, ketika anjing peliharaan mengalami hal-hal yang menyebabkan kehilangan cairan. Baik melalui air seni, keringat, diare, hingga muntah dapat memicu dehidrasi. Jika kondisi telah berlangsung dalam kurun 3 hari berturut-turut. Maka, kamu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

2. Tanda Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi

Ilustrasi Anjing.

Usai mengetahui penyebab anjing peliharaan alami dehidrasi. Maka, kamu juga perlu memahami tanda-tandanya. Hal ini dapat membuat mu mengetahui pencegahan apa yang dapat dilakukan sesegera mungkin. 

Bola Mata Terlihat Cekung

Tanda anjing peliharaan alami dehidrasi yang pertama adalah bola mata terlihat cekung. Perubahan pada bola mata ini membuat peliharaan mu menjadi sedikit lesu dan tidak bertenaga. Sedangkan, anjing sehat memiliki bola mata yang bersinar ketika di tatap. 

Selain bola mata yang cekung, anjing yang mengalami dehidrasi juga sering mengalami otot berkedut. Bahkan, ada pula hewan yang mengalami ekstremitas yang dingin. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan kesehatan peliharaan mu dan perlu mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Komentar