7 Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula, Gampang Banget Lho!

tips merawat anjing peliharaan
7 Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula, Gampang Banget Lho! (Freepik.com)
0 Komentar

4. Memandikan  2 Kali dalam Sebulan

Tak hanya memperhatikan makanannya, kamu juga perlu menjaga kebersihan tubuh anjing dengan memandikannya 2 kali dalam sebulan. Cara ini untuk membantunya terhindar dari berbagai penyakit atau masalah kulit.

Untuk memandikannya kamu dapat menggunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk anjing. Jangan lupa, gunakan air hangat supaya anjing merasa nyaman ketika mandi. Ketika anjing mulai terlihat kotor dan bau jangan ragu untuk segera memandikannya, ya.

5. Berikan Vaksin

Tips merawat anjing peliharaan untuk pemula yang tak kalah penting adalah dengan memberikan vaksin. Hal ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang. 

Baca Juga:8 Jenis Anjing Peliharaan untuk Pemula, Dijamin Ramah dan Pintar6 Penyebab Anjing Peliharaan Alami Dehidrasi, Lengkap dengan Tandanya!

Usahakan untuk memberikan vaksin kepada anjing mu ketika memasuki usia 6 minggu hingga 1 tahun. Beberapa jenis vaksin yang bisa diberikan seperti, hepatitis, rabies, parvo, distemper leptospira, parainfluenza, hingga bordetella.

6. Sisir dan Bersihkan Bulu Secara Rutin

Bulu anjing dikenal sebagai salah satu yang lebat dibandingkan hewan lainnya. Sehingga, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya. 

Kamu dapat menjaga bulu dengan menyisir dan membersihkannya sebanyak 1 kali dalam seminggu. Jika bulu anjing mulai terlihat panjang dan cukup mengganggu. Kamu dapat memotongnya untuk menghindari berbagai jenis penyakit kulit hingga kutu. Namun, apabila kamu menemukan luka, benjolan atau hal lain yang cukup aneh segera lakukan pemeriksaan ke pusat pelayanan kesehatan hewan terdekat ya.

7. Jangan Lupa Ajak Bermain

Ilustrasi Anjing.

Tips merawat anjing peliharaan untuk pemula yang terakhir adalah dengan tidak lupa mengajaknya bermain. Anjing sendiri merupakan hewan yang senang untuk berinteraksi secara intens. Bahkan, mereka rentan mengalami stres ketika merasa kesepian.

Jadi, jangan sungkan untuk meluangkan waktu bermain bersama mereka. Kamu juga dapat memberikan belaian atau main baru untuk membuatnya semakin merasa dimiliki dan disayangi. Dijamin, hewan peliharaanmu akan semakin ramah dan penurut.

Itu tadi tujuh tips merawat anjing peliharaan untuk pemula yang bisa kamu coba. Jadi, gak ada kata susah lagi deh buat merawatnya. Yuk, langsung praktek! (*)

0 Komentar