5 Cara Melatih Anjing Peliharaan untuk Pemula, Dijamin Sulap Anjingmu jadi Pintar dan Penurut

Cara Melatih Anjing Peliharaan untuk Pemula
5 Cara Melatih Anjing Peliharaan untuk Pemula, Dijamin Pintar dan Penurut. (Freepik.com)
0 Komentar

Bagi beberapa jenis anjing misalnya Rottweiler. Cara satu ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, jenis anjing ini memiliki sifat yang galak. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kabur darimu atau lari tanpa arah. Kamu bisa menggunakan tali penuntun.Sehingga, tak hanya kamu saja hewan pun menjadi lebih aman dan dapat berada didekatmu.

4. Memberikan Beberapa Perintah Dasar

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah memberikan beberapa perintah dasar. Salah satunya untuk buang air ditempat yang tepat. Kamu dapat melatih eiharanmu untuk selalu buang air ditempat yang sesuai dan tidak mengganggu. 

Bagi kamu yang memiliki pekarangan, kamu dapat melatihnya untuk menggunakan toilet alam. Namun, jika tidak ada pekarangan kamu dapat menggunakan bak berisi pasir sebagai tempatnya buang air besar tau melatihnya untuk menggunakan toilet.

Baca Juga:6 Cara Memilih Anjing Peliharaan untuk Pemula, Wajib Dicoba Nih!7 Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula, Gampang Banget Lho!

Kamu juga bisa mengajari perintah dasar lain seperti duduk, datang hingga diam. Misalnya dengan memberikan perintah duduk hingga hewan peliharaanmu menunjukkan gestur tubuh yang senada dengan ucapanmu. Namun, kamu perlu memiliki kesabaran dan kedisiplinan dalam membiasakan hewan peliharaanmu mampu melakukan beberapa perintah dasar.

5. Jangan Sungkan Berikan Reward dan Punishment

Ilustrasi Anjing.

Cara melatih anjing peliharaan untuk pemula yang terakhir adalah dengan tidak sungkan memberikan reward maupun punishment kepada mereka. Hal ini sangat baik untuk melatih hewan peliharaanmu menjadi pintar dan penurut. 

Kamu dapat memberikan reward berupa camilan atau mainan baru. Cara ini juga diketahui efektif dalam meningkatkan bonding dengan mereka. Tak hanya itu, anjing pun menjadi lebih paham bahwa tiada yang dilakukan benar dan membuat sang memilih bahagia.

Namun, jika anjingmu berbuat kesalahan. Cukup gunakan teguran lisan yang menggunakan nada tinggi. Hindari menggunakan kekerasan fisik. Sebab, dapat membuat hewan menjadi stres bahkan cedera.

Itulah lima cara melatih anjing peliharaan untuk pemula. Namun, perlu diingat untuk membuat anjing menjadi penurut dan pintar dibutuhkan kesabaran, ketekunan dan waktu dalam membiasakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba! (*)

0 Komentar