Apa itu Skripsi? Mulai dari Pengertian Hingga Karakteristik, Mudah Dipahami Kok!

apa itu skripsi
apa itu skripsi dari pengertian hingga karakteristiknya (Freepik.com)
0 Komentar

Jenis-Jenis Skripsi

Adapun ada beberapa skripsi dengan berbagai macam yang bisa kamu kenali. Tentu saja yang sering dikenal adalah jenis kualitatif dan kuantitatif. Penjelasan mengenai dua jenis yang popular itu sebagai berikut.

Penelitian Kualitatif

Penelitian jenis ini sangat bergantung kepada si penulis atau mahasiswanya sendiri. Dimana penelitian yang membebaskan si penulis bebas menentuikan ritme penelitian asalkan penelitian focus pada satu ide yang sudah dipilih.

Penelitian kualitatif sangat popular di era teman-teman yang sekarang atau dulu mengambil ilmu social seperti ilmu komunikasi, geografi, sejarah, bimbingan status.

Bahasa yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini adalah lebih deskriptif.

Baca Juga:Gaji Buruh Batik Pekalongan di Bawah UMR, Coba Lakukan 5 Hal iniKisah Mbah Kiai Surgi Pasekaran Batang yang Menarik untuk Disimak!

Penelitian Kuantitatif

Berbeda dengan penelitian kualitaif sering digunakan untuk penyusunan tugas akhir sebagai cara mengerjakan skripsi. Pada penelitian kuantutaif tidak kondusif.

Kalau kamu memeilih penelitian ini kuantitatif dalam menyusun karya tulis ilmiah ini maka yang Harus kamu bangun adalah membuat daftar penulisan dalam suatu lubang

Perhiutungan dalam membuat karya tulis ilmiah sangat ditentukan dari jenis penggunaan metode yang digunakan. Karya tulis ilmiah satu ini menggunakan pembahasan yang disertai dengan perhitungan yang mendetail.

Unsur-unsur Skripsi

Sebagai salah satu genre dalam penulisan tulisan, Karya tulis ini sewring ustazd. UNsur-unsur ini harus ada dalam membuat skripsi diantaranya sebagai berikut.

Bagian Awal

  • Persetejuan Pembimbing
  • Pengesahan Tim Penguji
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar lampiran

Bagian Inti

Inti dari penelitian tugas akhir mahasiswa adalah  Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode Penelitian, Ruang lingkup Penelitian, Sistematika  Penulisan, Pembahasan dan Penutup.

Beberapa tahapan dalam pemyusunan penelitian harus urut dan runut agar tidak loncat-loncat, Dimulai dari pendahuluan yang memaparkan latar belakang masalah yang ditemukan oleh si penulis.

Dikuatkan dengan berbagai kajian pustaka yang relevan dan terbaru. Dimana untuk melihat pola penelitian yang mirip dengan penelitian yang kamu tulis.

Baca Juga:Rahasia Mengerjakan Skripsi Cepat Kelar dalam Waktu 1 SemesterInilah 8 Tips Agar Cepat Dapat Jodoh, Simak Selangkapnya!

Kemudian lanjut ke metode penelitian yang terkait dengan pola penelitian, sumber dan jenis data, populasi dan sampel penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, disertai teknik analisis data.

0 Komentar