Wajib Ditiru, Muhammadiyah dan NU Kendal Inisiasi Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2024

Muhammadiyah dan NU Kendal
SILTURAHMI - Pimpinaan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal, Ikhsan Intizam bersilaturahmi ke kediaman Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kendal, KH Mukh Mustamsikin di Kutoharjo. DOK ISTIMEWA
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sebuah aksi bersemangat kebangsaan tengah dipersiapkan ormas Muhammadiyah dan NU Kabupaten Kendal di tahun politik saat ini. Keduanya siap menginisiasi aksi deklarasi damai menjelang Pemilu 2024.

Seperti diketahui, tahun 2023 sampai 2024 bisa menjadi masa yang berat bagi masyarakat Indonesia karena momentum tahun politik. Karena itu, komitmen dan gerakan untuk menjaga simpul persaudaraan atau ukhuwah perlu diikhtiarkan bersama seluruh elemen bangsa. Dalam semangat ini pula, Muhammadiyah dan NU siap menginisiasi deklarasi damai menjelang Pemilu 2024.

Deklarasi damai di tahun politik ini penting digelorakan sebagai upaya Muhammadiyah dan NU yang notabene menjadi ormas pendiri Republik untuk merawat ukhuwah Islamiyah sekaligus ukhuwah wathaniyah. Karena itu, Muhammadiyah dan NU berencana melibat-hadirkan seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kabupaten Kendal, sehingga mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai menjadi komitmen kolektif.

Baca Juga:LPAI Kendal Baru Punya 19 Orang, Kendal Butuh Lebih Banyak Relawan Kasus Kekerasan AnakPersiapan Muskercab 2023, PCNU Kendal Kembali Ingatkan Soal Larangan Rangkap Jabatan

Rencana ini disampaikan langsung Ketua Pimpinaan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal, Ikhsan Intizam saat bersilaturahmi ke kediaman Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal, KH Mukh Mustamsikin di Kutoharjo Kaliwungu, Kamis (4/5/2023).

Ormas Muhammadiyah didirikan pada 1912.(muhammadiyah.or.id)

Pada silaturrahmi tersebut, Ketua PDM Kendal didampingi Wakil Ketua Moh Zabidi dan Moh Antono, serta Bendahara Budiyanto. Sementara Ketua PCNU Kendal didampingi Wakil Ketua Tanfidziyah H Ahmad Nur dan Wakil Rois Syuriyah KH Subkhan Idris.

Inisiasi Muhammadiyah dan NU

Menurut Ikhsan, Muhammadiyah dan NU dapat saling merekatkan dan menguatkan ukhuwah Islamiyah dengan bergabung bersama dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kabupaten Kendal. Tak terkecuali menjadi inisiator gerakan bersemangat persaudaraan dan persatuan, terutama di tahun-tahun politik.

“Kebersamaan Muhammadiyah dan NU perlu ditampakkan di depan umat Islam dalam bentuk deklarasi damai menjelang Pemilu 2024,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Ilhsan juga sekaligus menyampaikan undangan untuk Ketua PCNU Kendal pada acara Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah dan Aisyiyah Kendal ke-10 yang akan diselenggarakan pada 13-14 Mei 2023 mendatang di Pondok Modern Darul Arqam Muhammadiyah Patean.

0 Komentar