Kota Magelang Bertekad Menjadi yang Terbaik dalam Digitalisasi Keuangan Daerah 2023

Kota Magelang Bertekad Menjadi yang terbaik.
Kota Magelang bertekad menjadi yang terbaik untuk digitalisasi keuangan daerah.
0 Komentar

Kota Magelang Bertekad Menjadi yang Terbaik dalam implementasi digitalisasi untuk menjadi smart city.

MAGELANG, RADARPEKALONGAN.ID – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Magelang memiliki komitmen menjadi yang terbaik atau be the best pada penghargaan Evaluasi Kinerja (Championship) TP2DD 2023.

Komitmen tersebut muncul dalam gelaran acara High Level Meeting yang dipimpin Walikota Magelang dan dihadiri Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah juga anggota TP2DD pada tanggal 8 Mei 2023 di Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Magelang.

Baca Juga:Jalan Pagerbarang-Jatibarang Rusak Parah, Tahun 2023 Dianggarkan Rp 2 MiliarPasca Bus Wisata Masuk Jurang Minggu 7 Mei Lalu, Tempat Parkir Guci, Harus Ditata

Anggota TP2DD secara bulat bersepakat meningkatkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) lebih khususnya pada sisi penerimaan daerah dalam pembahasan strategi Championship TP2DD 2023.

Kota Magelang bertekad menjadi yang terbaik dalam digitaisasi keuangan daerah. (foto: web Kota Magelang)

Kota Magelang Bertekad Menjadi yang Terbaik

Penghargaan Championship tersebut diberikan Satgas P2DD yang ketuanya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz mengatakan, Kota Magelang sudah memiliki komitmen menjadi smartcity, hal ini untuk menjawab tantangan digitalisasi.

Oleh karena itu, Pemkot Kota Magelang sedang mempersiapkan sumber daya manusia agar cakap dan kapabel mengadopsi pola pikir digital, baik dari sisi SDM teknis Pemkot dan masyarakat umum.

Aziz menegaskan, aspek sosialisasi dan edukasi diutamakan untuk membuat habit masyarakat menggunakan sistem pembayaran non-tunai melalui metode QRIS pada pajak dan retribusi daerah yang diinisiasi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Disamping itu, Pemkot Magelang memiuliki target digitalisasi terutama penggunaan kanal QRIS dapat diadopsi sepenuhnya di tahun 2023 ini.

Baca Juga:Rekomendasi 7 Pinjol OJK Syariah, Lebih Aman dan Sesuai SyariatPinjol OJK Cepat Cair, Terdaftar per 9 Maret 2023, Perhatikan Syarat dan Ketentuannya

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Junanto Herdiawan menegaskan, digitalisasi menjadi salah satu kunci pokok pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

TP2DD berperan untuk mempercepat implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) utamanya pada penerimaan pajak dan retribusi daerah. Ini adalah satu hal penting untuk menjamin peningkatan konsumsi pemerintah yaitu keberlangsungan Penerimaan Asli Daerah (PAD).

Junanto mengatkaan, TP2DD Kota Magelang mengalami peningkatan IETPD sebesar 97,8%, menjadi kedua tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Hal tersebut didukung oleh penyediaan kanal dan infrastruktur pembayaran digital yang cukup lengkap.

0 Komentar