10 Tips Menantu Tinggal Bersama Mertua, Agar Bisa Hidup Rukun

tips menantu tinggal bersama mertua
Tips menantu tinggal serumah dengan mertuanya (Sumber foto: umma.id)
0 Komentar

Ilustrasi rumah besar (Sumber foto: freepik.com)

Islam adalah agama yang sempurna dan sangat memahami psikologi hal ini. Istri dan mertua perempuan adalah wanita, yang mana sifat dasar wanita adalah mendahulukan perasaan. Bisa saja terjadi ketidakcocokan dan perbedaan pemikiran mulai dari urusan dapur, pengaturan rumah bahkan kebijakan dalam rumah tangga. Bisa jadi istri sekedar salah menaruh letak piring di rak dapur, ini menjadi masalah besar dan berkelanjutan. Oleh karena itu hak istri yang sangat dasar adalah mendapat tempat tinggal, seperti rumah sendiri meskipun kecil dan ngontrak.

Bagaimana solusinya jika istri tidak mau serumah dengan mertua?, Berikut solusi yang mungkin bisa diambil:

  1. Jika rumahnya besar, maka disekat agar teripisah dapurnya, atau kalau dua lantai, pisahkan dapur dan peralatan rumah dan kebijakan pengaturan rumah antara istri dan mertua.
  2. Jika mampu membeli rumah atau mengontrak rumah dekat dengan orang tua suami, sehingga suami dan istri tetap bersama.
  3. Jika memang harus terpaksa tinggal bersama, suami harus sering membesarkan hati istri dan menghibur bahkan meminta maaf karena belum mampu menunaikan hak utama istri dalam pernikahan.

Tips Menantu Tinggal Bersama Mertua

Jika seorang menantu akhirnya tinggal dengan mertua. Yaitu istri diajak oleh suami untuk tinggal dengan keluarganya karena berbagai keadaan, maka tips menantu tinggal bersama mertua seperti dilansir dari rumaysho.com dan ibupedia.com berikut ini bisa diterapkan, agar bisa rukun dengan mertua.

Ilustrasi menghormati mertua (Sumber foto: freepik.com)

Baca Juga:Desa Anti Korupsi di Kabupaten Pekalongan Diperluas, Dari 1 Menjadi 6 DesaPolri Galakkan Polisi RW, Agar Polisi Sering Terjun ke Masyarakat

  1. Menghormati mertua dan keluarga suami

Tips menantu tinggal bersama mertua yang pertama menurut Ustadz Firanda Andirja seperti dilansir di laman Youtube Yufid.TV ialah istri harus menghormati mertua dan kerabat suaminya. Seorang suami akan senang jika istri menghormati mertua dan keluarganya yang lain, terutama ibu mertuanya. Seorang istri harus berusaha menghormati ibu mertuanya, karena sering terjadi cekcok adalah antara istri dengan ibu mertua.

0 Komentar