10 Tips Menantu Tinggal Bersama Mertua, Agar Bisa Hidup Rukun

tips menantu tinggal bersama mertua
Tips menantu tinggal serumah dengan mertuanya (Sumber foto: umma.id)
0 Komentar

Ibu mertua terkadang tuntutannya juga berlebihan. Ibu mertua menginginkan menantunya seperti dirinya yang dulu. “Ibu-ibu dahulu Masya Allah hikmahnya kepada suami luar biasa. Semua pekerjaan dia kerjakan tanpa mengeluh. Begitu dia ketemu menantunya yang manja-manja, minta ini, minta itu, dia pun jengkel. Padahal sekarang zamannya sudah berubah. Bukan zaman Siti Nurbaya lagi. Bukan zaman Zulekha tapi zaman Yulia sekarang. Untuk kondisi seperti ini, maka menantu dituntut untuk lebih berlapang dada. Ia berusaha mengalah,” ungkap Ustadz Firanda.

2. Hindari perdebatan, suka mengalah

Ketika pasangan tinggal bersama keluarga asalnya lagi, suami atau istri mungkin merasa terjebak atau marah dengan situasi ini. Dan secara tidak langsung hal ini bisa memicu perselisihan dengan orang tuanya.

Tips menantu tinggal bersama mertua kedua adalah apabila suami mulai bertengkar dengan keluarganya, sebaiknya istri jangan turut campur. Pergi ke ruangan lain, dan biarkan mereka mengatasi masalahnya sendiri. Kadang, perdebatan terjadi di tengah-tengah keluarga, biarkan mereka menemukan ritmenya masing-masing.

Baca Juga:Desa Anti Korupsi di Kabupaten Pekalongan Diperluas, Dari 1 Menjadi 6 DesaPolri Galakkan Polisi RW, Agar Polisi Sering Terjun ke Masyarakat

Selain menghindari pertengkaran yang dialami pasangan bersama keluarganya, istri juga perlu menghindari adu argumen dengan mertua. Kadang, mereka mengatakan atau melakukan sesuatu yang mengganggu atau membuat jengkel. Bicarakan bila memang tidak punya pilihan lain. Misalnya, bila mertua selalu masuk ke kamar tanpa memberitahu, maka perlu dijelaskan kalau ia perlu mengetuk pintu lebih dulu.

Bila adik ipar makan di ruang makan hanya dengan memakai pakaian dalam setiap pagi, Anda bisa memintanya untuk berpakaian sopan sebelum keluar kamar untuk sarapan. Sebaliknya, bila mertua berkomentar tidak enak tentang perilaku keluarga Anda, Anda tidak perlu terlalu ambil pusing untuk hal ini.

3. Pintar mengambil hati mertua

Tips menantu tinggal bersama mertua adalah coba ambil hati mertua. Ada beberapa cara untuk mengambil hati mertua agar ia menyukai Anda. Di antaranya, jadi menantu yang rajin, bersikap sopan dan santun, membawa makanan kesukaan dan memberinya hadiah. Menantu tak perlu sungkan minta nasehat ke mertuanya dan jalin komunikasi yang baik. Cara ambil hati mertua lainnya ialah jangan ragu untuk memberinya pertolongan meskipun tidak diminta. Selama tinggal di rumah mertua, jangan monopoli pasangan Anda dan hindari hal-hal sensitif seperti menceritakan persoalan Anda dengan suami ke mertua.

0 Komentar