10 Tips Menantu Tinggal Bersama Mertua, Agar Bisa Hidup Rukun

tips menantu tinggal bersama mertua
Tips menantu tinggal serumah dengan mertuanya (Sumber foto: umma.id)
0 Komentar

Ilustrasi hormati mertua (Sumber foto: freepik.com)

4. Suami harus bisa menyelesaikan konflik antara istri dan orang tuanya

Jika ada konflik antara menantu dengan mertua, maka suami harus turun tangan untuk bisa menyelesaikan konflik antara istri dan orang tuanya. Agar konflik yang ada tidak terus meluas. Ini tips menantu tinggal bersama mertua yang perlu dilakukan.

Jadikan pasangan Anda sebagai penengah jika ada konflik dengan mertua. Namun, jangan jadikan pasangan Anda sebagai penentu karena itu akan menjadi beban bagi pasangan Anda jika dipaksa untuk memilih antara istri dan orang tuanya.

5. Harus pandai menyesuaikan keadaan dengan mertua

Meskipun sudah menjadi keluarga, menantu harus menyadari jika ia adalah ‘tamu’ di rumah mertuanya. Sehingga ego harus ditekan. Agar lebih mudah beradaptasi saat tinggal bersama mertua. Itulah tips menantu tinggal bersama mertua.

Baca Juga:Desa Anti Korupsi di Kabupaten Pekalongan Diperluas, Dari 1 Menjadi 6 DesaPolri Galakkan Polisi RW, Agar Polisi Sering Terjun ke Masyarakat

Secara perlahan, pahami kebiasaan mertua Anda dan keluarga ipar lainnya. Ini perlu dilakukan agar tak ada konflik. Yang pasti jangan mudah baper jika tinggal di rumah mertua. Jika Anda baper, maka emosi akan mudah tersulut. Salah satu upayanya cobalah pahami niat baik mertua Anda.

6. Atur manajemen keuangan dengan baik

Meskipun tinggal dengan mertua sendiri, namun Anda tetap harus tahu diri. Pengeluaran bulanan pun memang sebaiknya dibagi dengan orangtua. Agar tidak terjadi konflik lantaran uang merupakan hal yang sensitif. Rencanakan keuangan dengan baik, termasuk uang yang akan diberikan ke mertua. Jika memungkinkan, siapkan uang darurat jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang harus dipenuhi.

7. Buat batasan

Sebelum tinggal bersama mertua di satu atap, bicaralah pada pasangan tentang seperti apa gambaran tinggal bersama mertua. Buat beberapa aturan dasar untuk tiap orang. Misalnya, bergiliran membuang sampah dan memasak untuk menghindari salah satu pihak merasa bertanggung jawab untuk semua urusan rumah.

8. Punya privasi

Satu hal yang dibutuhkan pasangan yang telah menikah, terutama pengantin baru, adalah privasi. Ini jadi satu-satunya cara menuju keintiman dan saling mengenal dengan lebih baik serta membangun keluarga sendiri.

0 Komentar