6 Keutamaan Mencari Nafkah, Bisa jadi Tameng dari Jilatan Neraka

keutamaan mencari nafkah
Ilustrasi mencari nafkah menjadi barista (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

2) Penunaian zakat dan hak Allah.

Ada ulama yang menyatakan bahwa siapa saja yang menunaikan zakat, maka telah terlepas darinya sifat pelit.

3) Sedekah tathowwuk (sunah) seperti nafkah untuk menyambung hubungan dengan kerabat yang jauh dan teman dekat, termasuk pula memberi makan pada mereka yang kelaparan.

Setelah merinci demikian, Ibnu Battol lantas menjelaskan, “Barangsiapa yang menyalurkan harta untuk tiga jalan di atas, maka ia berarti tidak menyia-nyiakan harta dan telah menyalurkannya tepat sasaran, juga boleh orang seperti ini didengki (bersaing dengannya dalam hal kebaikan).” (Lihat Syarh Bukhari, Ibnu Battol, 5: 454, Asy Syamilah).

Baca Juga:Warga Wangkelang Antusias Ikut Gotong-royong Kerjakan Fisik TMMD 2023, Kaum Perempuan Pun Ikut Terjun Sukseskan Program TMMDSatgas TMMD Reguler Ke-116 Langsung Tancap Gas Bangun Jalan

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah pernah menjelaskan, “Sebagian orang tatkala bersedekah untuk fakir miskin atau yang lainnya maka mereka merasa bahwa mereka telah mengamalkan amalan yang mulia dan menganggap sedekah yang mereka keluarkan itu sangat berarti. Adapun tatkala mengeluarkan harta mereka untuk memberi nafkah kepada keluarganya maka seakan-akan perbuatan mereka itu kurang berarti, padahal memberi nafkah kepada keluarga hukumnya wajib dan bersedekah kepada fakir miskin hukumnya sunah. Dan Allah lebih mencintai amalan wajib daripada amalan sunah.” (Sebagaimana penjelasan beliau dalam Riyadhus Shalihiin)

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa mesti ada prioritas dalam penyaluran harta. Yang utama sekali adalah pada istri, anak, lebih lagi pada anak perempuan sebagaimana diterangkan dalam keutamaan mencari nafkah berikut ini. Setelah kewajiban pada keluarga, barulah harta tersebut disalurkan pada zakat dan sedekah sunah.

Keutamaan Mencari Nafkah

Berikut ini keutamaan mencari nafkah seperti dilansir rumaysho.com.

Ilustrasi jangan jadi pengemis, harus mencari nafkah yang halal (Sumber foto: freepik.com)

  1. Nafkah untuk keluarga lebih afdhol dari sedekah tathowwuk (sunah)

Keutamaan mencari nafkah yang pertama adalah nafkah kepada keluarga lebih afdhol dari sedekah sunah. Ini bisa dilihat hadits dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

دِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

“Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi, red)” (HR. Muslim no. 995).

0 Komentar