Bahasa Cinta Act of Service, Ekspresikan dan Terima Cinta dengan Tindakan

Bahasa cinta act of service
Bahasa cinta act of service. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID—Tumbuh dewasa, ayah saya akan memotong nanas dan meninggalkan potongan-potongan kecil di lemari es, tusuk gigi mencuat dari masing-masingnya, karena dia tahu bahwa nanas adalah buah favorit saya. Saya tidak mengetahuinya saat itu, tetapi ayah saya menunjukkan kasihnya melalui bahasa cinta act of service atau tindakan pelayan. Beliau membawa motor saya tanpa pemberitahuan, dan mengisinya dengan bensin.

Dia menghabiskan berjam-jam menjahit sepatu baru saya, membuatkan meja belajar, berlari ke toko kelontong. Ini adalah caranya menunjukkan cinta dan kasih sayangnya dengan act of service.

Definisi Bahasa Cinta

The 5 Love Languages karya Dr. Gary Chapman menyelami kekuatan mengkomunikasikan cinta dalam hubungan, baik intim maupun platonis. Dari lima bahasa (Tindakan Pelayanan atau Act of Service, Waktu Berkualitas, Kata-Kata Penegasan, Sentuhan Fisik, dan Menerima Hadiah), kita sering lebih memilih satu daripada yang lain.

Baca Juga:Quality Time, 5 Cara Bahasakan Cinta dengan Menghabiskan Waktu Bersama9 Tips Words of Affirmation Agar Tidak Terkesan Cringe

Dalam hal hubungan intim, act of service adalah bahasa yang paling baik digambarkan sebagai melakukan sesuatu untuk pasanganmu yang kamu tahu mereka sukai, seperti mengisi bensin, menyirami tanaman, atau memasak makanan untuk mereka.

Saat kamu mempraktikkan act of service, kamu menyerahkan waktumu. Bentuk cinta non-verbal ini bisa menghabiskan waktu dan melelahkan, tetapi jika itu yang dibutuhkan pasanganmu, maka usaha itu sepadan.

Memberikan Act of Service

Jika kamu telah mengidentifikasi bahwa pasanganmu lebih suka menerima act of service, maka kamu selangkah lebih dekat untuk membuat pasanganmu merasa dicintai (dan dengan asumsimu mencintai pasanganmu, kamu seharusnya ingin membuat mereka merasa seperti ini). Baik itu sifatmu untuk memberikan act of service, atau tidak, ketahuilah bahwa siapa pun dapat mempelajari bahasa cinta ini.

Dalam hal melakukan act of service, berikut adalah empat hal yang dapat kamu lakukan:

  • Perhatikan hal-hal kecil: Apa yang pasanganmu ingin lakukan pada perjalanan bersamamu berikutnya, berapa banyak gula yang ditambahkan pasanganmu ke kopi paginya, jam berapa acara favorit pasanganmu ditayangkan, dll. Catat, jika kamu tidak ingat.
  • Pertimbangkan hal-hal yang tidak disukai pasanganmu: Jika pasanganmu mengeluh tentang membuang sampah, meneliti persyaratan keuangan, membersihkan ruang antara dinding dan meja rias, atau mengajak anjing jalan-jalan, maka kamu dapat melakukan tugas-tugas ini untuk pasanganmu. Jika pasanganmu tidak suka berurusan dengan perusahaan kabel, tawarkan untuk bertanggung jawab atas tagihan kabel bulanan.
  • Berfokuslah pada tindakan yang mudah kamu akomodasikan ke dalam jadwalmu:. Perhatikan jadwal pasanganmu setiap minggu dan lihat apakah kamu dapat menambahkan sesuatu di daftar act of service. Mungkin pasanganmu memiliki waktu terbatas antara latihan di pagi hari dan rapat kerja pertama mereka. Rencanakan untuk menyiapkan kopi dan sarapan dan menunggu.
  • Manfaatkan kekuatanmu: Jika kamu memahami sesuatu yang tidak dipahami pasanganmu, tawarkan bantuan. Jikakamu lebih berguna daripada pasanganmu, misalnya, fokuslah pada tugas tukang seperti mengganti oli pasanganmu, atau memperbaiki bola lampu yang rusak di kamar mandi.
0 Komentar