Bahaya Makan Seblak yang Harus Kamu Waspadai

bahaya makan seblak
Seblak merupakan makanan yang hampir digemari oleh berbagai kalangan. Tapi tahukah kamu? bahwa seblak dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi tubuh? -freepik-
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Ada berbagai bahaya makan seblak yang harus mulai kamu wasapadai dari sekarang. Seblak adalah makanan yang hampir digemari oleh semua kalangan.

Seblak yang berasal dari kerupuk, sosis, bakso, mie, sayur, dan lain-lain sebagai pelengkap dari seblak. Makanan yang hampir dapat ditemui di mana saja ini ternyata memiliki bahaya yang cukup serius dan bahkan dilarang dikonsumsi oleh dunia medis.

Seblak yang terkenal dengan bumbu pedas dan gurih yang diakibatkan dari berbagai racikan bumbu hingga rempah-rempah pilihan. Tak heran rasanya jika seblak adalah makanan favorit yang digemari oleh banyak kalangan.

Baca Juga:5 Cara Agar Makeup Nempel, Solusi Supaya Nggak Capek Touch Up!5 Cara Supaya Tidak Tertipu Calo Tiket Konser, Kamu Harus Baca Sebelum War Tiket Konser Coldplay

Tetapi seblak yang terkenal dengan cita rasa yang pedas dapat berbahaya untuk kesehatan tubuh akibat penggunaan cabai serta garam yang berlebih dalam menciptakan rasa pedas gurih jika dikonsumsi secara terus menerus maka akan berdampak negatif untuk kesehatan.

Foto seblak ceker. sumber gambar: kribisdpr

Belakangan ini beredar kabar bahwa seblak dapat menimbulkan penyakit usus buntu. Namun dilansir dari nibble, berita tersebut merupakan berita bohong atau hoax.

Pada tahun 2018, ramai diperbincangkan mengenai dengan mengonsumsi seblak maka dapat menyebabkan penyakit usus buntu. Adapun penyebab dari hal tersebut karena seblak yang terbuat dari rebusan kerupuk karena tidak dapat dicerna baik oleh usus.

Salah satu bahaya makan seblak yakni dapat menimbulkan usus buntu?

Melansir dari laman kominfo, seorang ahli gizi yakni Prof Hardinsyah menyatakan mengenai informasi usus buntu tersebut merupakan berita atau informasi hoax. Adapun penjelasannya adalah seblak yang terdiri dari beberapa komponen, dan salah satunya adalah kerupuk. Kerupuk yang dimasak basah dengan cara direbus seperti seblak, tetap dapat dicerna oleh pencernaan dengan baik.

Jikalau dalam seblak ada sesuatu yang susah atau tidak bisa dicerna oleh usus, maka tidak langsung akan menyebabkan sakit usus buntu. Sebab sebagian besarnya tetap akan dibuang tubuh melalui kotoran atau feses. Sedangkan penyakit usus buntu merupakan penyakit infeksi dimana materi feses, parasite atau mikroba dapat masuk kembali ke dalam usus dan pembuluh darah.

0 Komentar