4 Bahaya kerja Lembur bagi Kesehatan Mental yang Sering Terlupakan

Bahaya kerja lembur
Kerja lembur, ternyata memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan mental. Yuk, ketahui apa saja dampak dari kerja lembur tersebut? (freepik)
0 Komentar

2. Memiliki kualitas tidur yang buruk

Bahaya kerja lembur yang selanjutnya adalah kurangnya waktu tidur atau kualitas tidur. Meskipun hal ini bukan tergolong ke dalam gangguan mental, namun hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mental seperti stress, mudah marah, atau kurangnya fokus.

Jika kamu terus-terusan dalam melakukan pekerjaan atau tak memiliki waktu istirahat. Maka kamu akan merasa tidak nyenyak ketika tertidur karena pikiran kamu seringkali masih berpikir akan tumpukan pekerjaan yang belum kamu selesaikan.

3. Kecanduan alkohol

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui bahwa kecanduan alkohol juga termasuk ke dalam penyakit mental yang disebut dengan sebutan alkoholisme. Kondisi kecanduan alkohol dapat terjadi karena ketika seseorang bekerja terlalu lama, mereka menjadi membutuhkan kegiatan lain utnuk dapat menenagkan pikiran.

Baca Juga:8 Manfaat Daun Katuk yang Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan5 Cara Mencegah Dehumanisasi untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Akhirnya, banyak dari mereka yang mengambil jalan pintas yakni dengan mengonsumsi minuman yang beralkohol. Waktu jam kerja yang lebih dari 40 jam dalam seminggu, mampu mendorong bagi seseorang untuk minum alkohol pada jumlah yang cukup berisiko.

Adapun nilai kecanduan atau berapa jumlah yang termasuk ke dalam kecanduan adalah bagi seorang perempuan jumlahnya yakni sekitar minimal 14 minuman per minggu sedangkan untuk pria yakni pada jumlah sekitar 21 minuman setiap minggunya.

Tentu kondisi kecanduan alkohol selain dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental, juga dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

4. Gangguan kecemasan

Adapun gangguan pada kecemasan juga merupakan salah satu bahaya kerja lembur yang sering kali dirasakan oleh banyak pekerja atau pun banyak pegawai. Adapun tanda-tanda seseorang ketika mengalami gangguan kecemasan di tempat ia bekerja adalah:

  • Cenderung untuk menghindari rekan kerja, teman hingga keluarga
  • Mengalami khawatir yang terus menerus
  • Mengalami kesulitan dalam berkosentrasi atau dalam mengingat sesuatu
  • Kehilangan motivasi atau minat pada pekerjaan.

Sumber gambar: freepik

0 Komentar