8 Manfaat Daun Katuk yang Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan

Manfaat daun katuk
Daun katuki dikenal dengan tumbuhan yang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. (kribisdpr)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Manfaat daun katuk yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tak dapat diragukan lagi. Daun katuk merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal mampu untuk melancarkan ASI pada perempuan pasca melahirkan.

Itulah sebabnya mengapa daun katuk sangat populer di kalangan ibu muda yang baru saja melahirkan. Namun, selain itu terdapat berbagai manfaat daun katuk untuk kesehatan yang penting untuk diketahui.

Tanaman yang merupakan jenis sayuran asal Asia Tenggara dari suku phyllantaceae. Daun katuk termasuk kedalam kerabat ceremai, berry, dan mentang. Daun katuk juga memiliki banyak klorofil atau zat hijau pada daun. Daun katuk memiliki nama latin yakni Sauropus androgynous. Daun katuk dapat dikenali dari ukurannya yang tergolong kecil, memiliki warna hijau yang gelap, hingga disertai corak keperakan di bagian tengahnya.

Baca Juga:5 Cara Mencegah Dehumanisasi untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik4 Bahaya Membakar Sampah Bagi Kesehatan Tubuh

Di negara Indonesia, daun katuk biasa digunakan sebagai bahan campuran masakan, bisa juga dikonsumsi langsung sebagai menu lalapan, ataupun dapat juga dikonsumsi sebagai teh herbal dan suplemen.

Daun katuk merupakan tanaman yang memiliki kandungan nutrisi yang bermacam-macam dan bervariasi. Diantaranya adalah: protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor. Selain itu daun katuk juga diketahui mengandung berbagai zat antioksidan diantaranya seperti polifenol dan flavonoid.

Berikut beberapa manfaat daun katuk yang baik untuk kesehatan

1. Bermanfaat bagi ibu hamil

Manfaat daun katuk yang baik yakni untuk ibu hamil. Kandungan senyawa kimia fitokimia yang ditemukan pada daun katuk memiliki sifat sebagai obat. Senyawa kimia tersebut mampu untuk merangsang pertumbuhan hormon sterois. Yakni progesterone, testosterone, estradiol, dan glukokortikoid serta eicosanoid.

Perempuan yang mengonsumsi daun katuk akan mendapatkan salah satu manfaat baik nya yakni mampu merangsang hormon wanita.

2. Melancarkan produksi ASI

Selain memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil, kandungan sterol dalam daun katuk yang memiliki sifat estrogen juga bermanfaat untuk mmberikan efek hormonal, yang dapat memicu produksi pada ASI. Maka dari itu daun katuk dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

0 Komentar