8 Manfaat Daun Katuk yang Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan

Manfaat daun katuk
Daun katuki dikenal dengan tumbuhan yang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. (kribisdpr)
0 Komentar

3. Meningkatkan antioksidan pada tubuh

Daun katuk memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Adapun beberapa diantaranya adalah kandungan polifenol dan senyawa ionic. Ketika tubuh mendapatkan kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup, maka perlindungan sel tubuh dari kerusakan dan peradangan yang diakibatkan dari radikal bebas dapat terjadi.

4. Mencegah infeksi bakteri

Dilansir dari halodoc, dengan mengonsumsi daun katuk secara rutin, maka daun katuk mampu mencegah infeksi bakteri, termasuk yang mampu menyebabkan pneumonia dan bakteremia. Adapun manfaat ini disebabkan dari ekstrak etanol yang mampu untuk mengontrol pertumbuhan bakteri yang merugikan tubuh.

5. Mencegah sembelit

Salah satu masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan mengonsumsi daun katuk adalah sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi pada daun katuk mampu untuk mencegah penyakit sembelit. Ketika mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi sayur katuk.

Baca Juga:5 Cara Mencegah Dehumanisasi untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik4 Bahaya Membakar Sampah Bagi Kesehatan Tubuh

6. Mencegah obesitas

Manfaat daun katuk yang selanjutnya adalah mampu mencegah obesitas. Daun katuk mengandung beberapa zat yang mampu untuk mencegah obesitas. Adapun beberapa diantaranya adalah flavonoid dan serat, kandungan yang mampu membuat perasaan kenyang lebih lama. Dengan begitu dengan mengonsumsi daun katuk maka kamu dapat mengontrol nafsu makan supaya tidak makan berlebihan.

Selain itu mengonsumsi daun katuk juga memberikan manfaat untuk seseorang dalam menjaga berat badan. Karena setiap 100 gram daun katuk yang dikonsumsi terdapat 1 gram lemak sehingga daun katuk tergolong ke dalam menu diet harian yang disarankan.

7. Meningkatkan kekebalan pada tubuh

Dilansir dari detik, Manfaat daun katuk sangat berguna untuk sistem imun yang kita miliki. Hal ini karena daun katuk memiliki atau mengandung vitamin C. sehingga jika asupan harian vitamin C terpenuhi, maka sistem kekebalan pada tubuh akan menjadi semakin kuat.

Selain itu daun katuk mengandung zat klorofil yang cukup tinggi. Zat klorofil selain bermanfaat untuk tumbuhan, juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri, hingga parasite pada jaringan tubuh manusia.

8. Menurunkan gula darah

 Manfaat daun katuk yang selanjutnya adalah mampu menurunkan gula darah. Daun katuk dipercaya sebagai tanaman yang memiliki zat yang mampu untuk menurunkan risiko mengalami diabetes sehingga kadar gula yang terkandung dalam tubuh dapat terjaga dalam kadar yang normal.

0 Komentar